Header Ads

Batak Network - Semua Tentang Batak

Serka Efendi Tarigan Dampingi Anggota Kelompok Tani "Aron Tahun" Membersihkan Gulma

WARTAGAS.COM - Danramil 04/Sibiru-biru Kapten Arm Paidi mengungkapkan tanaman jagung tersebut perlu dirawat agar bisa tumbuh optimal salah satunya adalah dengan pengendalian gulma dan tanaman pengganggu tanaman jagung, mulai dari penyiapan lahan sampai dengan pembedengan tanah sampai membersihkan tunas dan rumput pada tanaman jagung dilaksanakan secara bersama-sama antara Babinsa dan masyarakat setempat.


Serka Efendi Tarigan Dampingi Anggota Kelompok Tani "Aron Tahun"  Membersihkan Gulma
Serka Efendi Tarigan Dampingi Anggota Kelompok Tani "Aron Tahun" Membersihkan Gulma tanaman jagung di Dusun Namo Rindang, Desa Mbarue, Kecamatan sibiru-biru, Kabupaten Deli Serdang, Kamis (09/03/2017).


Pengendalian merupakan satu masalah yang dihadapi dalam upaya peningkatan produktivitas jagung, termasuk pertumbuhan gulma menjadi faktor yang cukup mengganggu dalam budidaya jagung. Bintara Pembina Desa (Babinsa) Serka Efendi Tarigan anggota Koramil 04/Sibiru Biru jajaran Kodim 0204/Deliserdang bersama pemilik lahan melaksanakan pembersihan gulma jagung yang terletak di Dusun Namo Rindang, Desa Mbarue, Kecamatan sibiru-biru, Kabupaten Deli Serdang, Kamis (09/03/2017).

Kegiatan tersebut dalam rangka ketahanan pangan jenis tanaman jagung milik anggota Kelompok Tani "Aron Tahun" Maryati Br Barus. Disela-sela kegiatan tersebut Serka Efendi Tarigan mengungkapkan tanaman jagung tersebut perlu dirawat agar bisa tumbuh optimal. Salah satunya adalah dengan pengendalian gulma dan tanaman pengganggu tanaman jagung.

"Ini mulai dari penyiapan lahan sampai dengan pembedengan tanah sampai membersihkan tunas dan rumput pada tanaman jagung. Ini dilaksanakan secara bersama-sama antara Babinsa dan masyarakat setempat,"ujarnya.

Dengan memonitoring tanaman di Dusun Namo Rindang, Desa Mbarue, Kecamatan sibiru-biru ini untuk sebagai apresiasi tindakan percontohan bagi masyarakat setempat.

"Dalam kegiatan itu yang dimaksud untuk mengetahui perkembangan dan kesuburan tanaman serta mewaspadai terhadap penyebaran hama pada tanaman jagung,” ujar Danramil 04/Sibiru-biru Kapten Arm Paidi.




TL/WG
loading...

No comments

Powered by Blogger.