Header Ads

Batak Network - Semua Tentang Batak

Sertu Mirwan Dampingi Petani Halau Hama Burung Pipit di Desa Tanjung Pasir

WARTAGAS.COM - Danramil 15/Pangkalan Susu Kapten Arh Fauzan mengungkapkan, Salah satu hama tanaman padi yang kadang menyulitkan petani adalah serangan burung pada masa padi mulai menjelang panen. Jenis burung yang mengganggu adalah burung pipit, atau di beberapa daerah biasa disebut dengan burung emprit (Lonchura leucogastra).

Sertu Mirwan Dampingi Petani Halau Hama Burung Pipit di Desa Tanjung Pasir
Sertu Mirwan Dampingi Petani Halau Hama Burung Pipit di Dusun lll Desa Tanjung Pasir Kecamatan Pangkalan Susu Kabupaten Langkat, Jumat (03/03/2017).

Jumlahnya bisa mencapai ribuan ekor dan menghabiskan bulir padi yang siap panen dalam waktu singkat. Banyak petani yang gagal panen atau kerugian besar saat panen. Kerugian yang dialami petani akibat serangan hama pengganggu burung pipit bisa mencampai 15 – 50 persen.

Berbagai cara dilakukan petani untuk bisa melawan burung pipit yang biasa dipakai petani untuk melawan burung pipit, meskipun terkadang hasilnya kurang efektif. Pengendalian bisa bersifat mekanis dengan menggunakan alat-alat yang bisa pengusir burung atau secara biologis dengan menggunakan bahan-bahan tumbuhan atau buah-buahan yang “berbau” dan juga bisa secara kimiawi.

Menyikapi hal tersebut Babinsa Koramil 15/Pangkalan Susu Sertu Mirwan jajaran Kodim 0203/Langkat melaksanakan pendampingan kepada anggota Poktan “Mekar Jaya” M. Serbaini bersama sama dengan PPL Nawanta pada lahan sawah seluas 15 rante yang terletak di Dusun lll Desa Tanjung Pasir Kecamatan Pangkalan Susu Kabupaten Langkat, Jumat (03/03/2017).

Metode yang digunakan untuk mengusir hama burung ini antara lain membuat orang-orangan, umbul-umbul, membunyikan kaleng dan memasang plastik kresek. Hal tersebut sebagai upaya agar tidak terganggu hama pengganggu seperti burung pipit yang saat ini menyerang tanaman padi menjelang panen serta hasil panen padi nantinya memperoleh hasil maksimal.



TL/WG
loading...

No comments

Powered by Blogger.