Header Ads

Batak Network - Semua Tentang Batak

Tentara ini Halau Burung Bersama Petani di Kelurahan Sei Bilah

WARTAGAS.COM - Danramil 13/Pangkalan Brandan Kapten Inf Bustami mengungkapkan, Hama memang merupakan salah satu musuh utama para petani yang setiap saat bisa menyerang tanaman. Salah satu hama yang kerap meresahkan petani adalah hama burung, tak sedikit para petani yang dibuat jengkel dengan terus meningkatnya populasi burung sebagai hama bagi padi.

Tentara ini Halau Burung Bersama Petani di Kelurahan Sei Bilah
Babinsa membantu membantu halau burung bersama petani di Kelurahan Sei Bilah Timur Kecamatan Sei Lepan Kabupaten Langkat, Jumat (03/03/2017).

Karena pada saat menjelang panen, padi sudah pasti akan diserang hama burung. Burung menyerang tanaman padi pada fase matang susu sampai pemasakan biji (sebelum panen). Serangan mengakibatkan biji hampa, adanya gejala seperti butir padi mengering dan biji banyak yang hilang. Ini jelas akan mengakibatkan kerugian yang sangat besar bagi para petani.

Terdapat beberapa cara yang biasa dilakukan petani untuk mencegah serangan hama burung terhadap padi. Cara tersebut diantaranya dengan menggunakan orang-orangan sawah atau tali yang diberi plastik untuk menakut-nakuti burung. Tidak jarang pula petani secara langsung mengusir burung yang setiap waktu hinggap di padi mereka.

Pastinya cara ini sangat melelahkan. Mereka diwajibkan menjaga sawah dari serangan burung dari jam 6-10 pagi dan jam 2-6 sore, karena waktu-waktu tersebut merupakan waktu yang kritis bagi tanaman padi diserang burung. Atau agar tidak kelelahan, ada juga beberapa petani yang mempekerjakan orang untuk menjaga sawah mereka. Dilihat dari segi ekonomi, langkah ini jelas tidak efisien karena petani harus kembali mengeluarkan biaya guna membayar si penjaga burung.

Burung pipit dan gereja sering menyerang tanaman padi yang sudah mulai menguning di lahan sawah milik salah satu anggota kelompok tani Suka Jadi saudara Kadi dengan luas lahan 8 rante yang terletak di Kelurahan Sei Bilah Timur Kecamatan Sei Lepan Kabupaten Langkat, Jumat (03/03/2017).

Dalam kegiatan tersebut Babinsa membantu pembuatan alat untuk mengusir burung yang mengganggu tanaman para petani. Metode yang digunakan untuk mengusir hama burung ini antara lain membuat orang-orangan, umbul-umbul, membunyikan kaleng dan memasang plastik kresek. Hal tersebut sebagai upaya agar panen nantinya mendapatkan hasil maksimal sesuai dengan yang diharapkan para petani.



TL/WG
loading...

No comments

Powered by Blogger.