Header Ads

Batak Network - Semua Tentang Batak

Untuk Memberikan Asupan Unsur Hara Mikro dan Pengendalian Hama, Tentara ini Dampingi Petani Lakukan Penyemprotan

WARTAGAS.COM - Danramil 05/Tanjung Tiram Kapten Inf A. Zebua mengungkapkan, Penyemprotan pada tanaman padi merupakan kegiatan dalam budidaya tanaman padi yang bertujuan untuk memberikan asupan unsur hara mikro dan untuk mengendalikan hama dan penyakit. Unsur hara mikro diberikan melalui penyemprotan dengan pupuk daun, dan penyemprotan pestisida untuk mengendalikan hama dan penyakit.

Untuk Memberikan Asupan Unsur Hara Mikro dan Pengendalian Hama, Tentara ini Dampingi Petani Lakukan Penyemprotan
Pembina Desa Koramil 05/Tanjung Tiram Serda Sukarno dan Kopda A. Putra melaksanakan penyemprotan hama tanaman padi di sawah milik Parlan dengan luas lahan 17 rante jenis padi ceherang yang terletak di Desa Jati Mulia Kecamatan Tanjung Tiram Kabupaten Batu Bara, Rabu (08/03/2017).

Seperti halnya penyemprotan yang dilakukan pada jenis tanaman lainnya, pestisida untuk tanaman padi juga bermacam-macam, yaitu insektisida, fungisida, bakterisida, moluskisida dan pupuk daun. Masing-masing dari beberapa jenis pestisida tersebut memiliki peran dan fungsi yang berbeda. Menggunakan pestisida yang sesuai dengan jenis OPT (organisme pengganggu tanaman) adalah salah satu faktor pendukung suksesnya berbudidaya tanaman padi, Rabu (08/03/2017).

Pada tanaman padi penyemprotan harus dilakukan dengan tepat dan benar, agar hasil produksi bisa maksimal. Sebab teknik penyemprotan, pestisida yang digunakan dan dosis penyemprotan memiliki peran yang sangat penting dalam keberhasilan budidaya tanaman padi. Berbeda dengan jenis tanaman budidaya lainnya, pada tanaman padi ada masa dimana “tanaman padi sama sekali tidak boleh disemprot”. Jika pada masa tersebut penyemprotan tetap dilakukan, boleh jadi hasil produksi padi tidak maksimal. Beberapa teknik penyemprotan tanaman padi berikut ini berpengaruh terhadap kualitas dan kuantitas hasil produksi gabah. Kapan tanaman padi harus disemprot? dan kapan tanaman padi tidak boleh disemprot?

Pada kegiatan kali ini Bintara Pembina Desa Koramil 05/Tanjung Tiram Serda Sukarno dan Kopda A. Putra melaksanakan penyemprotan hama tanaman padi di sawah milik Parlan dengan luas lahan 17 rante jenis padi ceherang yang terletak di Desa Jati Mulia Kecamatan Tanjung Tiram Kabupaten Batu Bara, adapun kegiatan ini terlaksana dalam rangka perawatan tanaman.

Hal ini sebagai bagian dari komitmen TNI, Kodim 0208/Asahan khususnya Koramil 05/Tanjung Tiram dalam rangka mendukung sukses program swasembada pangan di Tahun 2017 di Kecamatan Tanjung Tiram. Juga ditegaskan oleh Serda Sukarno, para Babinsa siap membantu petani di wilayahnya masing masing kapan saja, dengan selalu berkoordinasi bersama PPL dan petani untuk melaksanakan pengendalian pemberantasan hama padi.



TL/WG
loading...

No comments

Powered by Blogger.