Header Ads

Batak Network - Semua Tentang Batak

Untuk Memotifasi Kelompok Tani, Babinsa Lakukan Pendampingan Perawatan Tanaman Palawija di Desa Jati Baru

WARTAGAS.COM - Babinsa Koramil 06/LP SM jajaran Kodim 0204 / Deli Serdang, Serda SN Gultom di Desa Jati Baru Kecamatan P. Merbau, Kabupaten Deli Serdang, melaksanakan pendampingan Hanpang perawatan lahan palawija tanaman jagung milik S Sinurat anggota Kelompok tani (poktan) Jati, yang diketuai oleh Agus, bersama PPl T. Musyura dan KUPT Sahrudin, seluas 1.200 m, Senin (20/03/2017).


Babinsa Koramil 06/LP SM jajaran Kodim 0204 / Deli Serdang, Serda SN Gultom di Desa Jati Baru Kecamatan P. Merbau, Kabupaten Deli Serdang, melaksanakan pendampingan Hanpang perawatan lahan palawija tanaman jagung milik S Sinurat anggota Kelompok tani (poktan) Jati, yang diketuai oleh Agus, bersama PPl T. Musyura dan KUPT Sahrudin, seluas 1.200 m, Senin (20/03/2017).


Selain padi dan kedelai, jagung juga merupakan salah satu hasil pertanian yang juga sedang digalakkan oleh Dinas Pertanian. Karena sebagian masyarakat Indonesia memanfaatkan jagung sebagai makanan pokok selain nasi/beras, bahkan sebagai pengganti nasi. Jadi yang dicanangkan Dinas Pertanian untuk meningkatkan hasil panen jagung sudah tepat, karena jagung juga akan dikirim ke daerah yang mengkonsumsi jagung sebagai makanan pokok.

Kelompok tani Jati dengan didampingi oleh PPL, mencoba melaksanakan perawatan jagung di lahan kebun/ladang. Lahan yang digunakan untuk menanam jagung merupakan tanah desa, Hal ini menunjukkan kepedulian Babinsa terhadap para petani di desa binaan nya masing masing.

Serda SM Gultom, mengatakan bahwa Koramil 06/LP siap membantu petani dalam mengelola lahan pertanian. Semaksimal mungkin Koramil 06/LP akan membantu kegiatan pertanian, para babinsa juga diharapkan banyak turun ke wilayah sehingga bisa menyerap aspirasi para petani.

Apabila ada kedekatan antara babinsa dan petani, maka petani tidak akan sungkan meminta bantuan ke koramil melalui babinsa, misalnya petani meminta bantuan tenaga untuk menanam jagung atau kedelai. Dan juga meminta bantuan anggota koramil untuk menyiangi rumput dan memupuk tanaman jagung.

“Untuk itu Babinsa selaku aparat teritorial yang ada di desa selalu mengajak masyarakat agar dapat kreatif dan inovatif dalam rangka membangun terciptanya swasembada pangan,” ungkapnya Serda SM Gultom menambahkan.





TL/WG
loading...

No comments

Powered by Blogger.