Header Ads

Batak Network - Semua Tentang Batak

Untuk Meningkatkan Swasembada Pangan, Babinsa Koramil 02/Selesai Bantu Petani Bajak Sawah

WARTAGAS.COM - Babinsa Koramil 02/Selesai Serda Mislan melaksanakan pendampingan petani membantu membajak/mengolah sawah lahan milik M. Yusup, anggota kelompok tani (poktan) Limau Manis yang diKetuai oleh Nurjanah, seluas 10 rante. Pendampingan ini terletak di Desa Sei Limbat, Kecamatan Selesai, Kabupaten Langkat. Danramil Kapten Inf Kasta Ginting, PPL Yusmaidi Sp, Ketua PPL Ali Rustam Sp., kegiatan dilaksanakan untuk meningkatkan swasembada pangan, Kamis (16/03/2017).


Untuk Meningkatkan Swasembada Pangan, Babinsa Koramil 02/Selesai Bantu Petani Bajak Sawah
Babinsa Koramil 02/Selesai Serda Mislan melaksanakan pendampingan petani membantu membajak/mengolah sawah lahan milik M. Yusup, anggota kelompok tani (poktan) Limau Manis yang diKetuai oleh Nurjanah, seluas 10 rante. Pendampingan ini terletak di Desa Sei Limbat, Kecamatan Selesai, Kabupaten Langkat, Kamis (16/03/2017).


Guna mendukung program ketahanan pangan nasional pada percepatan masa tanam ke dua, Babinsa di Koramil 02/selesai membantu warga bajak sawah di lahan salah satu petani dalam rangka pendampinga Upaya Khusus (Upsus) swasembada pangan nasional di desa sei limbat.

Danramil 02/Selesai, Kapten Inf. Kasta Ginting selalu menekankan kepada seluruh anggotanya agar tidak bosan melaksanakan pendampingan kepada petani terutama dalam hal sosialisasi pola tanam “Jajar legowo” (Jarwo) untuk meningkatkan hasil prodoksi padi, JARWO merupakan cara tanam padi sawah dengan pola beberapa barisan tanaman yang kemudian diselingi satu barisan kosong. Tanaman yang seharusnya ditanam pada barisan yang kosong dipindahkan sebagai tanaman sisipan di dalam barisan.

Menurutnya, kegiatan itu dilakukan untuk memberikan motivasi kepada para petani agar segera mengolah lahan sawahnya untuk percepatan masa tanam di wilayah setempat.

Hal itu, dilakukan karena kebiasaan para petani setelah masa panen kadang terlambat mengolah kembali lahan sawahnya dengan alasan dan kesibukkan menjemur padi atau gabah hasil panen. Hal ini harus diingatkan dan disosialisasikan agar lahan tidak terbiarkan begitu saja sehingga tidak ada lahan yang nganggur.

"Bila hal ini terus dilakukan maka bisa dipastikan hasil panen petani akan meningkat. Kegiatan itu dilaksanakan sebagai bentuk tugas Babinsa mendampingi para petani dalam bercocok tanam, untuk mewujudkan ketahanan pangan di wilayah sehingga tercipta program swasembada pangan secara nasional," katanya.




TL/WG
loading...

No comments

Powered by Blogger.