Header Ads

Batak Network - Semua Tentang Batak

Waspadalah! Mungkin HP Anda Kena Sadap! Ini Tanda-Tandanya

WARTAGAS.COM - Tahun 2016 yang lalu, ditandai oleh ramainya kasus peretasan dan penyadapan perangkat telekomunikasi. Mulai dari peretasaan email Partai Demokrat di Amerika Serikat hingga terbongkarnya pembobolan Yahoo hingga bocornya data milik jutaan pengguna.

Waspadalah! Mungkin HP Anda Kena Sadap! Ini Tanda-Tandanya
Ilustrasi

Peretasan dan penyadapan tak boleh dianggap remeh. Para penjahat di balik kegiatan kriminal seperti ini bisa memanfaatkan data yang dirampas dari perangkat teknologi Anda untuk banyak hal, dari pemerasan, penjualan data-data pribadi sensitif, hingga membobol tabungan Anda.

Karenanya Anda harus hati-hati dalam aktivitas online dan Anda perlu tahu tanda-tanda ketika ponsel Anda diretas. Berikut adalah Lima Tanda Ponsel Anda Diretas seperti yang dilansir JalanTikus:

1. Ada Aplikasi yang Tidak Dikenal
Untuk menyadap smartphone, biasanya hacker atau pihak terkait harus memasang aplikasi tambahan di smartphone target. Hacker ini biasa menyembunyikan aplikasi tersebut.

Untuk mengakalinya, coba cek di menu SettingsApps atau Application Manager, lalu cek apa ada aplikasi asing di smartphone Anda. Kalau ada aplikasi mencurigakan yang tak pernah Anda unduh dan instal, sebaiknya Anda menghapusnya segera. Bisa jadi, itu adalah malware atau aplikasi mata-mata.

2. Baterai Mudah Habis dan Panas
Untuk mengirim data-datamu, aplikasi mata-mata yang diinstal hacker harus berjalan terus di background. Dampaknya smartphone Anda pasti jadi gampang panas dan baterai boros.

Cek pemakaian bateraimu deh. Kalau ada program aneh yang terus berjalan, bisa jadi smartphone Anda disadap orang.

3. Kuota Boros
Selain boros baterai karena ada aplikasi asing berjalan di background, smartphone yang disadap juga biasanya boros kuota. Hal ini karena aplikasi asing terus mengirimkan data ke luar tanpa Anda ketahui.

4. Smartphone Lemot
Sering merasa smartphone Anda lemot waktu menjalankan aplikasi atau game? Kalau saat menjalankan aplikasi ringan smartphone Anda sering lemot, bisa jadi ada malware yang bekerja untuk mengirimkan data ke orang lain.

Bayangkan saat Anda chatting, ternyata di waktu bersamaan aplikasi mata-mata yang terinstal juga ikut bekerja. Jadinya berat.

5. Sering Muncul Iklan Pop Up
Aplikasi untuk menyadap smartphone ada juga yang tidak bisa berjalan otomatis. Ada yang menggunakan iklan pop up sebagai pemicu untuk mengaktifkannya. Jadi, ketika Anda klik iklan tersebut, maka aplikasi mata-mata akan aktif.

Apa salah satu dari 5 tanda smartphone kena hack tersebut ada pada smartphone Anda? Kalau iya, segera format smartphone Anda ke setelan pabrik agar aman.

Bagaimana Pendapat Anda ?







WG/JT
loading...

No comments

Powered by Blogger.