Header Ads

Batak Network - Semua Tentang Batak

Babinsa Koramil 13/Buntu Pane Dampingi Petani Memasang Patok Alat Untuk Mengusuri Burung

WARTAGAS.COM - Babinsa Koramil 13/Buntu Pane an. Serda Nurfadli melaksanakan pendampingan memasang patok alat pengusir burung di sawah milik Ema Sinamora, anggoaa kelompok tani "Bunut" dengan ketuanya Tunut. Adapun luas sawah adalah 5 Rante, di Desa Sei Silau Barat, Kecamatan Setia Janji, Kabupaten Asahan. Danramil Kapten Inf Syaifullah, PPL yaitu Sahman, Kepala PPL adalah Ka Jumiran SP. Jenis tanaman padi sawah Ciherang, usia tanaman padi 68 hari, Rabu (05/04/2017).


Babinsa Koramil 13/Buntu Pane Dampingi Petani Memasang Patok Alat Untuk Mengusuri Burung
Babinsa Koramil 13/Buntu Pane an. Serda Nurfadli melaksanakan pendampingan memasang patok alat pengusir burung di sawah milik Ema Sinamora, anggoaa kelompok tani "Bunut" dengan ketuanya Tunut. Adapun luas sawah adalah 5 Rante, di Desa Sei Silau Barat, Kecamatan Setia Janji, Kabupaten Asahan, Rabu (05/04/2017).


Serda Nurfadli mengungkapkan, salah satu hama tanaman padi yang kadang menyulitkan para petani adalah jenis burung. Burung memang menjadi musuh utama para petani padi. Jenis burung yang sangat suka memakan tanaman padi adalah burung pipit, atau dibeberapa daerah biasa disebut dengan burung emprit. Hal tersebut ditegaskan anggota Koramil 13/Buntu Pane pada saat melaksanakan pendampingan kepada petani tunut, pada lahan yang sudah berumur 85 hari.

Adapun upaya yang dilaksanakan Babinsa bersama petani adalah memasang jaring dari nilon dan jaring, dengan bahan-bahan disekitar kita bisa membuat alat sederhana untuk mengendalikan hama burung pipit diarea lahan persawahan tanaman padi, burung pipit kerap memangsa tanaman padi jelang panen, hal inilah yang membuat petani kelimpungan, oleh karena itu upaya pencegahan harus dilakukan agar hasil panen padi bisa maksimal, ungkapnya.





TL/WG
loading...

No comments

Powered by Blogger.