Header Ads

Batak Network - Semua Tentang Batak

Babinsa Serda Sutrisno Melaksanakan Pemupukan Tanaman Jagung di Desa Suka Maju

WARTAGAS.COM - Babinsa Koramil 01/SGL Babinsa, Serda Sutrisno melaksanakan kegiatan ketahanan pangan memupuk tanaman jagung yang sudah berumur 3 nari bersama kelompok tani "Mekar sari" di Dusun 4 Suka Rame Desa Suka Maju, Kecamatan sunggal, Kabupaten Deli Serdang, Senin (03/04/2017).


Babinsa Serda Sutrisno Melaksanakan Pemupukan Tanaman Jagung di Desa Suka Maju
Babinsa Koramil 01/SGL Babinsa, Serda Sutrisno melaksanakan kegiatan ketahanan pangan memupuk tanaman jagung yang sudah berumur 3 nari bersama kelompok tani "Mekar sari" di Dusun 4 Suka Rame Desa Suka Maju, Kecamatan sunggal, Kabupaten Deli Serdang , Senin (03/04/2017).


Pupuk yang di Gunakan Jenis pupuk organik dan pupuk Dolomite. Bibit jagung di tanam jenis Pioner 32 dan pioner 25 Bersubsidi. Pemupukan dilakukan di Lahan milik Jamin Ginting dengan luas lahan 5000 m. Kegiatan ini turut didampingi oleh Danramil Kapten Czi J. Damanik, Ketua PPL AHMAD, anggota PPL Manungkar Simarmata, Kedua kelompok tani Bahagiah Ketaren.

Serda sutrisno dari Babinsa Koramil 01/SGL ikut membantu petani tersebut memupuk tanaman jagungnya yang berumur 3 hari. “metode pemupukan yang diberikan sangat berpengaruh pada pertumbuhan dan hasil panen jagung.” ujar Serda Sutrisno, Dia berpendapat demikian.

Tanaman Jagung sebaiknya dipupuk pada masa awal penanaman jagung. Pupuk dasar di awal masa pemupukan berfungsi untuk menyiapkan nutrisi bagi tanaman pada fase awal pertumbuhan.

Pemupukan tanaman jagung ini berlangsung selama masa tanam. Babinsa pendamping, Serda Sutrisno sangat antusias memotivasi para petani untuk selalu memperhatikan kualitas dan kesehatan tanamannya.

”Saat berkecambah, jagung menggunakan nutrisi dari biji jagung. Setelah beberapa hari nutrisi dari biji akan habis dan akar mulai berfungsi mencari makanan. Disinilah terjadi proses adaptasi terhadap lingkungan yang biasanya diiringi dengan stres tanaman. Semakin lama stres pertumbuhan akan semakin terhambat. Untuk memperpendek fase stres ini, kebutuhan hara harus tercukupi,” pungkasnya.





TL/WG
loading...

No comments

Powered by Blogger.