Header Ads

Batak Network - Semua Tentang Batak

Hanya Dengan Seribu Rupiah Sehari Yayasan ini Bisa Bantu Sesama

WARTAGAS.COM - Berawal dari bantuan seribu rupiah per hari, Yayasan 1000 Foundation mampu memberikan beasiswa pada siswa yang kurang mampu.


Hanya Dengan Seribu Rupiah Sehari Yayasan ini Bisa Bantu Sesama
Yayasan 1000 Foundation saat belajar dan berfoto bersama dengan siswa. - Foto: Tribunnews.com


Disebut sebagai Yayasan 1000 Foundation karena bermula dari bantuan seribu rupiah per hari yang diberikan oleh masing-masing anggota komunitas.

Melansir dari Tribunnews.com, bahwa Yayasan 1000 Foundation awalnya ialah sebuah komunitas sosial yang menolong orang yang kurang mampu. Fokus utama yang ditolong ialah siswa-siswa yang hampir putuh sekolah karena tidak memiliki dana untuk melanjutkan sekolahnya.

Ketua umum 1000 Foundation, Husainul Khairan mengatakan, sudah memberikan beasiswa lebih dari 50 siswa yang kurang mampu. Beasiswa diberikan langsung kepada siswa berupa buku tulis, tas, baju sekolah, sepatu dan berbagai peralatan sekolah.

"Bulan Maret tahun lalu kami memberikan beasiswa berupa sarana pendidikan pada seorang siswa dari SMK Negeri 6 Medan. Lalu bulan Mei kami memberikan beasiswa sarana pendidikan pada seorang siswa SMA Al-Wasliyah kampung baru,” ujarnya, Jumat (7/4/2017)

Selain itu, 1000 Foundation juga membayar uang sekolah selama satu semester, uang buku siswa kepada pihak sekolah. Nantinya setiap siswa yang sudah diberikan beasiswa tersebut akan ditinjau prestasinya.

“Jika mereka memiliki prestasi yang bagus di sekolah maka program beasiswa akan dilanjutkan ke semester berikutnya. Tapi kalau siswanya kurang rajin maka akan kami pilih yang lebih layak,” ujarnya.

Selain memberikan bantuan kepada siswa, Yayasan yang berawal dari sebuah komunitas ini juga memberikan bantuan renovasi bagunan kepada sekolah-sekolah yang mereka anggap layak untuk direnovasi. Biasanya yang direnovasi ialah atap yang sudah bocor ataupun kamar mandi siswa yang sudah sangat memperihatinkan.

Adhe, yang juga anggota 1000 Foundation mengatakan beasiswa sarana pendidikan kepada siswa tersebut berasal dari masing-masing anggota. Ia menjelaskan, dalam sehari biasanya anggota menyumbangkan seribu rupiah dan dalam sebulan menyumbangkan tiga puluh rupiah.

"Jadi sebenarnya awal nama 1000 Foundation itu berawal dari sumbangan dari masing-masing anggota sebesar seribu rupiah. Awalnya kami hanya komunitas saja, namun sejak bulan April 2015 sudah resmi menjadi sebuah yayasan," ujarnya.




WG/Tribunnews
loading...

No comments

Powered by Blogger.