Header Ads

Batak Network - Semua Tentang Batak

Koramil 03/Lima Pulu Dampingi Petani Untuk Merawat Tanaman Padi di Desa Antara

WARTAGAS.COM - Koramil 03/Lima Pulu melaksanakan giat ketahanan Pangan di Desa Antara. Sertu Agus selaku Babinsa di daerah ini membantu membersihkan gulma padi milik Nyoto, kelompok tani Serumpun dengan Ketuanya Legiman & luas sawah 8 rante. Desa ini terletak di Kecamatan Lima Puluh Kabupaten Batu Bara. Danramil Kapten Inf Zulfan & nama PPL Riris Kepala PPL : Jimmy Lenon. Usia tanaman padi 65 hari varietas Inpari, Rabu (05/04/2017).


Koramil 03/Lima Pulu  Dampingi Petani Untuk Merawat Tanaman Padi di Desa Antara
Babinsa Terjun Langsung Ke sawah dampingi Petani.


Danramil 03/lima pulu Kapten Inf zulfan menjelaskan, gulma adalah salah satu kendala utama dalam memperoleh hasil yang tinggi dalam budidaya padi sawah.

“Persaingan gulma dengan padi dalam masa pertumbuhan hingga masa pematangan sangat besar sekali pengaruhnya terhadap penurunan hasil panen,” terangnya.

Menurutnya, adanya persaingan antara gulma itu sendiri dengan padi, maka dalam pengambilan unsur hara, air dan cahaya akan berdampak tidak bagus pada pertumbuhan padi.

Selain itu, ada beberapa gulma yang dapat dijadikan tanaman inang oleh hama dan penyakit tanaman padi, sehingga bila dibiarkan dan tanpa dikendalikan, maka kerugian akan melanda petani.

“Pengendalian gulma padi sawah, umumnya sudah dilakukan oleh para Babinsa dan petani, baik dengan penggunaan tenaga manusia (penyiangan tangan) dengan peralatan khusus (landak/gasrok) ataupun cara kimiawi dengan penggunaan herbisida,” pungkasnya.



TL/WG
loading...

No comments

Powered by Blogger.