Header Ads

Batak Network - Semua Tentang Batak

Personil Babinsa Dampingi Warga Memperbaiki Saluran Air Yang Kurang Lancar

WARTAGAS.COM - Bintara Pembina Desa (Babinsa) Koramil 07/AKB Sertu Im Nainggolan telah melaksanakan pendampingan terhadap masyarakat untuk melaksanakan kegiatan normalisasi saluran air di di wilayah Desa Silumajang Kec. Na IX X. Jumat (07/04/2017).


Bintara Pembina Desa (Babinsa) Koramil 07/AKB Sertu Im Nainggolan telah melaksanakan pendampingan terhadap masyarakat untuk melaksanakan kegiatan normalisasi saluran air di di wilayah Desa Silumajang Kec. Na IX X. Jumat (07/04/2017).


Saluran air yang dinormalisasi di sisi barat Jalan sepanjang jalan dengan kedalaman saluran air 50 Cm.Bahan material, seperti pasir, Batu pecah dan peralatan lainnya ditaruh di bahu jalan. Jalan biasanya lancar, saat ini hanya bisa dilintasi satu persatu kendaraan yang melintas, namun demikian tidak mengakibatkan saluran air terhambat, Babinsa Koramil 07/AKB turut membersihkan arus air agar lancar. Danramil 07/AKB, menjelaskan proyek normalisasi saluran di lokasi tersebut dimulai dari tanggal 31 oktober 2016 dengan anggaran swadaya masyarakat. Pengerjaannya dilakukan dengan merubah yang semula saluran tanah dibuat pasangan batu.

“Kami minta masyarakat untuk tetap semangat karna telah menyita waktu mencari nafkah, karena ini juga untuk kepentingan bersama dalam upaya mengatasi kerusakan saluran,” kata Danramil, Kades Bpk.Trisno mengakui parahnya saluran air tersebut sebelum diperbaiki menimbulkan luapan air hingga menutupi badan jalan, setelah diadakan pembuatan saluran yang permanen ini nanti mudah-mudahan hal itu tidak lagi terjadi, tegas Kades Semanding disela-sela kegiatannya meninjau pembangunan irigasi bersama Babinsa masyarakat. "Babinsa langsung saya perintahkan untuk turun membantu petani, mengeceken keadaan tanaman yang selama ini sudah di laksanakan. Jangan lupa didata dan segera laporkan agar bisa ditindaklanjuti dengan cepat, upaya tersebut untuk mentargetkan keberhasilan program swasembada pangan pada tahun 2017 ini, di mana perlu ditindaklanjuti oleh para Babinsa," ujar Danramil 07/AKB jajaran Kodim 0209/Labuhan Batu.

Dikatakan Danramil 06/MB Kodim 0209/Labuhan Batu, tujuan program tersebut untuk membentuk pola tanam secara kawasan sehingga ada penguatan kelembagaan. Baik dalam manajemen maupun kualitasnya, sehingga memiliki nilai tawar tinggi. Sementara pantauan di lapangan, Danramil dengan anggota Babinsa Serka Irwanto di lokasi sedang mengecek dan mengontrol perkembangan tanaman kelompok tani di wilayah binaannya dan mengatakan tanggungjawab mengawal petanian di wilayah binaan merupakan perintah yang harus dijalankan dari Dandim. Bahkan dalam hal pertanian, anggota Koramil tidak ingin bermain-main untuk melaksanakan tugas ini semaksimal mungkin demi mewujudkan program swasembada pangan yang telah dicanangkan pemerintah.





TL/WG
loading...

No comments

Powered by Blogger.