Header Ads

Batak Network - Semua Tentang Batak

Personil Babinsa Koramil 18/Gl, Serda Syaripudin melaksanakan Pendampingan Pertanian di Desa Keramat Gajah

WARTAGAS.COM - Personil Babinsa Koramil 18/Gl, Serda Syaripudin melaksanakan pendampingan pertanian di Desa Keramat Gajah Kecamatan Galang, di sawah Terkelin untuk penanaman Padi, Kupt Juliarni Sp, PPL Atiatun. Terkelin merupakan anggota kelompok tani Gelora Sejahtera, yang mana Ketua kelompok tani ini adalah Simon Sipayung, Danramil Kapten Inf. R. Saragih, Kamis (06/04/2017).


Personil Babinsa Koramil 18/Gl, Serda Syaripudin melaksanakan Pendampingan Pertanian di Desa Keramat Gajah
Personil Babinsa Koramil 18/Gl Babinsa Serda Syaripudin melaksanakan pendampingan pertanian di Desa Keramat Gajah Kecamatan Galang, di sawah Terkelin untuk penanaman Padi, Kupt Juliarni Sp, PPL Atiatun. Terkelin merupakan anggota kelompok tani Gelora Sejahtra, yang mana Ketua kelompok tani ini adalah Simon Sipayung, Danramil Kapten Inf. R. Saragih, Kamis (06/04/2017).


Padi merupakan komoditi tanaman pangan yang memiliki peranan pokok dan sangat penting sebagai pemenuh kebutuhan pangan, pakan dan industri dalam negeri yang setiap tahunnya cenderung meningkat seiring dengan pertambahan jumlah penduduk dan berkembangnya industri pangan dan pakan sehingga dari sisi Ketahanan Pangan Nasional fungsinya menjadi amat penting dan strategis.

Banyak faktor yang dapat mempengaruhi produksi, salah satu di antaranya pendampingan dan pengawalan. Pengawalan dan pendampingan menjadi unsur penting dalam menggerakkan para petani untuk dapat menyiapkan teknologi. Penyuluh dan Babinsa merupakan salah satu penggerak bagi para petani (pelaku utama). Penyuluh dan Babinsa dapat berperan sebagai komunikator, fasilitator, advisor, motivator, edukator, organisator dan dinamisator melalui pengawalan dan pendampingan kegiatan UPSUS (Upaya Khusus) peningkatan produksi padi dalam pencapaian swasembada berkelanjutan.

Salah satu hal yang dilakukan Babinsa Serda Syaripudin, melaksanakan penyiangan tanaman padi yang mulai banyak ditumbuhi rumput, hal ini guna menjaga kesehatan tanaman dari rumput pengganggu tanaman, apabila hal ini lambat dilakukan akibatnya tanaman akan menjadi kurus dan kurang asupan nutrisi.




TL/WG
loading...

No comments

Powered by Blogger.