Header Ads

Batak Network - Semua Tentang Batak

Yuk Mengintip Pemilihan Lo Cu Tradisi Thionghoa dan Acara Ceng Beng di Siantar

WARTAGAS.COM - Ceng Beng adalah ritual tahunan etnis Tionghoa untuk bersembahyang dan ziarah kubur sesuai dengan ajaran Khong Hu Cu. Ceng Beng kali ini dilasanakan oleh masyarakat Tionghoa di kota Pematangsiantar.

Yuk Mengintip Pemilihan Lo Cu Tradisi Thionghoa dan Acara Ceng Beng di Siantar
Acara CENG BENG Tahun 2017 dI SIANTAR "MENGENANG LELUHUR"
, Minggu ( 8/4/2017). - Foto: Tagorleo/Lintaspublik.com

Acara yang dilaksanakan setiap tahunnya ini dilaksanakan di pekuburan-pekuburan Tionghoa, di kota Pematangsiantar sendiri Ceng Beng diadakan di pekuburan Yayasan Bakti Kesejahteraan Sosial (YBKS) di jalan Ade Irma Suryani.

Herry Darmawan selaku pengurus YBKS mengatakan, acara Ceng beng ini dilaksanakan setiap tahunnya, dan acara Ceng Beng juga sekaligus memilih pengurus ibadah sembayang di YBKS.

“Acara Ceng Beng ini sekaligus memilih kepengurusan baru, atau biasa dinamakan Lo Cu (pengurus sembayang),” kata Herry Darmawan yang akrab disapa bang OW lintaspublik.com, Minggu (9/4/2017) di jalan Ade Irma Suryani pekuburan YBKS.

Pembina YBKS Edwin Bingei Purba Siboro yang juga presiden Direktur PT. STTC, (tengah) dan istri Rosmeri Kumala, bersama  OW. Herry Darmawan anggota DPRD kota Pematangsiantar, Lie Hendra ketua YBKS, wakil YBKS Surya Alatas, Janis Gozali, Abdul Hasan tokoh asyarakat, Johan Cakra Surya presiden Lions Club Siantar dalam acara Ceng beng tahun 2017, Minggu ( 8/4/2017).
Pembina YBKS Edwin Bingei Purba Siboro yang juga presiden Direktur PT. STTC, (tengah) dan istri Rosmeri Kumala, bersama OW. Herry Darmawan anggota DPRD kota Pematangsiantar, Lie Hendra ketua YBKS, wakil YBKS Surya Alatas, Janis Gozali, Abdul Hasan tokoh asyarakat, Johan Cakra Surya presiden Lions Club Siantar dalam acara Ceng beng tahun 2017, Minggu ( 8/4/2017). - Foto: Tagorleo/Lintaspublik.com


Lo Cu dan Memberikan 150 Sembako
Dalam acara Ceng Beng masyarakat etnis Tionghoa ini juga memberikan 150 sembako kepada masyarakat yang kurang mampu di kota Pematangsiantar.

Pada acara pemilihan Lo Cu, Phan Mei Can terpilih sebagai ketua, dan wakilnya Amin (Kok Tong), mengantikan pengurus lama Johan Kwek dan Surya Alatas.

Pembina YBKS  Edwin Bingei Purba Siboro yang juga  presiden Direktur PT. STTC, turut memberikan pemilihan dengan memegang  Puak Pue benda secara tradisional Thionghoa, , Minggu ( 8/4/2017).
Pembina YBKS Edwin Bingei Purba Siboro yang juga presiden Direktur PT. STTC, turut memberikan pemilihan dengan memegang Puak Pue benda secara tradisional Thionghoa, Minggu ( 8/4/2017). - Foto: Tagorleo/Lintaspublik.com

Pemilihan dengan tradisi Thionghoa ini cukup unik, satu-persatu masyarakat yang mewakili pemilihan itu, memilih dengan cara “Tuok” ( Puak Pue). Puak Pue ini adalah dua buah kayu yang sudah dibentuk menyerupai setengah linkaran ( 2 Potongan kayu yang membentuk symbol tai ji), acara pemilihan ini cukup demokrasi sekali, siapapun diperbolehkan mengayu Puak Pue.

“Tadi sudah terpilih 2 orang pengurus Lo Cu, dari 10 orang calon Lo Cu, semua pemilihan secara tradisional, atau di pilih dengan “Tuok” ( Puak Pue),”tutur Herry Darmawan anggota DPRD kota Pematangsiantar, bahwa pengurus Lo Cu terpilih akan melaksanakan tugasnya selama tahun 2017-2018.

Tampak hadir dan Pemilihan itu Pembina YBKS Edwin Bingei Purba Siboro, yang juga presiden Direktur PT. STTC, Lie Hendra ketua YBKS, wakil YBKS Surya Alatas, Janis Gozali mantan ketua YBKS , Abdul Hasan tokoh masyarakat, Johan Cakra Surya presiden Lions Club Siantar,, dan ratusan masyarakat etnis Thionghoa di kota Pematangsiantar.


LIHAT VIDEONYA DI BAWAH INI




Penulis : tagor
Wartawan dan Pimred LintasPublik.com
Admin Group Anak Siantar (GAS) di Kota Pematangsiantar

loading...

No comments

Powered by Blogger.