Header Ads

Batak Network - Semua Tentang Batak

ALAMAK! Pengelolaan Keuangan Tak Becus, Bupati JR Malah Berjanji Bangun Rumah ASN

WARTAGAS.COM - Di tengah buruknya kondisi jalan di sejumlah wilayah Kabupaten Simalungun dan minimnya komitmen dan konsistensi mewujudkan tata kelola pemerintahan yang baik dan bersih, Bupati Simalungun Jopinus Ramli (JR) Saragih justru mengumbar janji membangun rumah Aparatur Sipil Negara (ASN) sebanyak 1000 unit tahun ini.

Pengelolaan Keuangan Tak Becus, Bupati JR Malah Berjanji Bangun Rumah ASN
Bupati JR Saragih saat menyampaikan sambutannya pada acara sosialisasi. - Foto: Siantarnews.com

Janji membangun rumah ASN itu disampaikannya pada acara sosialisasi jaminan pertimbangan tabungan perumahan di lingkungan pemerintahan Kabupaten Simalungun di Auditorium T. Johan Garingging Simalungun City Hotel, Pematang Raya, Kabupaten Simalungun, Kamis (8/6/2017) lalu.

Menurut Jopinus, rumah merupakan hal yang paling penting dalam kehidupan. Sebab, rumah bisa menjadi bekal di masa depan.

Perumahan yang akan dibangun ini kata dia bernama kota modern Simalungun yang terletak di ibu kota Simalungun.

Untuk mewujudkannya, Bupati yang akrab disapa JR Saragih ini mengatakan Pemkab Simalungun akan mengalokasikan anggarannya di APBD

“Ini menjadi bagian dari semangat baru, karena saya ingin semua Pegawai Negeri Sipil (PNS) Kabupaten Simalungun hidup sejahtera di masa depan di kala tak lagi bekerja,” ujarnya tanpa merinci hidup sejahtera yang ia maksud.

“Ini menjadi kehormatan buat saya sekaligus saya mengharapkan agar 1.000 rumah akan jadi di tahun ini, otomatis semua masyarakat memiliki semangat baru di dalam hidup keluarga,” tandasnya lagi.

Dikatakannya, sejak 2008 Pemkab Simalungun sudah berencana membangun perumahan untuk Pegawai Negeri Sipil (PNS).

“Prosesnya saya tahu, sejak pak Zulkarnain masih menjabat sebagai bupati berkeinginan membuat perumahan PNS di Batu 20 seluas tujuh hektar dan surat belum ada, walaupun secara nyata sudah dikuasai Kabupaten Simalungun. Makanya saya realisasikan dan saya pindahkan dari ke Raya karena Raya merupakan ibu kota Simalungun,” ucap JR Saragih

Selain membangun perumahan untuk Pegawai Negeri Sipil (PNS) Kabupaten Simalungun, JR Saragih juga mempersiapkan untuk perumahan buat Kodim dan Polres Simalungun sebanyak 300 rumah.

Pegiat anggaran publik dari Centre for Research of Public Budgeting (Cerpub), menilai bahwa apa yang dijanjikan JR Saragih akan sulit ditanggapi positif oleh masyarakat. Sebab kata dia, pengelolaan keuangan daerah dalam lima tahun terakhir belum mencerminkan apa yang diharapkan publik. Ada program dadakan, anggaran salah urus, banyak temuan BPK. Lalu, mengumbar janji membangun rumah PNS,” terang Sanjay Tampubolon, kepada Siantarnews.com, Sabtu (10/6/2017).

Menurutnya, JR lebih baik konsentrasi menata pemerintahan yang dipimpinnya saat ini agar kelak tidak terbelit kasus jika tak lagi sebagai Bupati. “Kita berharap, hal yang tak baik diperbaiki agar tidak menjadi black campaign bagi lawan politiknya untuk menuju semangat baru,” kata Tampubolon.

Untuk diketahui, laporan keuangan pemerintah daerah Kabupaten Simalungun pada tahun 2012 memperoleh opini Wajar Dengan Pengecualian (WDP). Tahun 2013 Disclaimer. Lalu, 2014, WDP, dan 2015 WDP.

Poin krusial yang diungkap BPK RI perwakilan Sumatera Utara yaitu permasalahan asset dan pengelolaan keuangan yang tidak tertib dan berpotensi menimbulkan kerugian keuangan daerah. (Siantarnews)


LIHAT JUGA VIDEO DI BAWAH INI
Persembahan Lagu "Gebyar-Gebyar" dari Anak-Anak PAUD SAB di Kota Pematangsiantar




loading...

No comments

Powered by Blogger.