Header Ads

Batak Network - Semua Tentang Batak

Bah Fuang! Pesta Pernikahan Berujung Maut, Ikan Mas Arsik dari “Hula-hula” Diduga Beracun

WARTAGAS.COM - Tak disangka, sebuah pesta pernikahan di Dusun Pulo Malaha I, Desa Sukarame Baru, Kecamatan Kualuh Hulu, Kabupaten Labuhan Batu Utara, Provinsi Sumatera Utara, menuai maut, Sabtu (3/6 /2017) kemarin.

Bah Fuang! Pesta Pernikahan Berujung Maut, Ikan Mas Arsik dari “Hula-hula” Diduga Beracun
Ilustrasi

Adalah ikan mas arsik yang merupakan penganan “upa-upa” (simbol pemberkatan) dari pihak “hula-hula” (pihak marga pengantin perempuan) yang diduga beracun menyebabkan puluhan orang keracunan. Dua diantaranya akhirnya meninggal dunia.

Korban meninggal dunia itu masing-masing Marta Br Manullang alias Oppung Doni (71), warga desa setempat dan Tiomin Br Sibarani (53), seorang guru PNS juga warga desa setempat.

Kepada awak media, para korban mengakui mulai merasa mual, pusing dan muntah-muntah beberapa jam setelah menyantap ikan mas dengan bumbu masakan khas Batak itu. Sebagian dilarikan ke RSUD Labura, beberapa lagi ke puskesmas dan rumah sakit swasta terdekat.

Kapolsek Kualuh Hulu AKP R Sihombing membenarkan peristiwa keracunan makanan pada pesta pernikahan itu. Pihaknya kini masih melakukan penyelidikan terkait kasus ini, diantaranya dengan memeriksakan sample makanan dan meminta keterangan dari para korban dan saksi-saksi.

“Puluhan orang keracunan, dua orang diantaranya meninggal dunia setelah sempat dirawat di rumah sakit,” kata kapolsek kepada awak media.

Pihak Dinas Kesehatan Labura pun telah mendata para korban dan mengambil sample makanan yang diduga menjadi penyebab keracunan massal itu.

“Sample makanannya sudah kami bawa ke laboratorium untuk diperiksa, dugaan memang dari ikan mas arsik yang disajikan pada acara pesta itu,” kata Sekretaris Dinas Kesehatan Labura Tigor Pasaribu, kepada wartawan.***

LIHAT JUGA VIDEO DI BAWAH INI
Mengangkat Ulos, Sandra Niessen : Budaya Batak Hampir Punah, Miris Ulos Berbahan Plastik




Sumber: smartnewstapanuli.com
loading...

No comments

Powered by Blogger.