Header Ads

Batak Network - Semua Tentang Batak

Bah GASWAT! Oknum PNS Dishut Provsu Pelaku Ilegal Loging Diamankan Polres Simalungun

WARTAGAS.COM - Polres Simalungun mengamankan pelaku penebangan pohon di wilayah hukumnya.

Bah GASWAT! Oknum PNS Dishut Provsu Pelaku Ilegal Loging Diamankan Polres Simalungun
Truk kayu diamankan Polsek Dolok Panribuan (Kiri), Oknum PNS Dishut Provinsi Sumatera Utara (kanan) - Foto: Siantarnews.com

Melrilis dari Media Online, Siantarnews.com, bahwa belakangan ini marak penebangan kayu Mahoni yang berada di pinggiran jalan negara. Penebangan kayu ini umumnya bermodus perantingan dahan pohon. Berdalih dengan alasan permintaan masyarakat, pelaku bukan hanya sekedar meranting pohon tapi diduga turut menebang pohon.

Anto Sinaga, salah seorang oknum PNS di Dinas Kehutanan Provinsi Sumatera Utara, diamankan saat melakukan pemotongan kayu Mahoni di Jalan Negara Pematangsiantar-Parapat, tepatnya di depan kantor Polsek Dolok Panribuan Tiga Dolok.

Anto Sinaga yang sebelumnya juga pernah bertugas di Dinas Kehutanan Simalungun ini, digelandang ke kantor Polsek usai mendapat laporan dari masyarakat terkait adanya aktifitas penebangan kayu. Kapolres usai menerima aduan masyarakat langsung memerintahkan Kapolsek Dolok Panribuan Gandi Hutagaol untuk mengamankan pelaku penebangan Mahoni.

Kapolsek Dolok Panribuan AKP Gandi Hutagaol membenarkan pengamanan terhadap Anto Sinaga.

“Iya saat ini kita sudah amankan Anto Sinaga beserta barang bukti Truk Tadano Nopol BK 8419 LG beserta 3 batang kayu Mahoni yang sudah dipotong, Anto Sinaga tidak memiliki dokumen resmi dari instansi terkait. Hanya saja dia memiliki permohonan warga untuk perantingan,” Ujar Kapolsek.

Oknum PNS Dishut Provinsi Sumut itu mengatakan bahwa dirinya hanya memiliki surat permohonan rekomendasi masyarakat untuk melakukan perantingan.

“Saya memiliki surat permohonan warga untuk melakukan perantingan pohon, karena warga khawatir ranting jatuh dan mengenai masyarakat. Namun untuk ijin dari Dinas terkait saya tidak punya. Mohonlah saya jangan di publikasikan,” ujar Anto memelas.

Kapolres Simalungun AKBP Marudut Liberty Panjaitan ketika dikonfirmasi wartawan melalui pesan WA Sabtu (3/6), mengatakan bahwa kasus yang melibatkan Anto Sinaga masih dalam pengembangan penyelidikan oleh Unit Tim Tipiter Reskrim Polres Simalungun.

“Pelaku dan barang bukti sudah di amankan oleh unit Tipiter Reskrim Polres Simalungun. Diprintahkan anggota bekerja maksimal dan tidak main-main dalam mengungkap perkara ilegal loging,” tutup Kapolres.

Amatan wartawan dilokasi, kayu Mahoni ditebang hampir ke akar pohon dengan menggunakan mesin Sinsaw oleh beberapa pekerja Anto. Usai ditumbang, batangan kayu Mahoni langsung dimuat ke dalam Truk Tadano BK 8419 LG sebanyak 3 batang. Anto Sinaga terduduk lesu usai diamankan Polsek Dolok Panribuan. ***


LIHAT JUGA VIDEO DI BAWAH INI
Butuh Perhatian Pemkab Simalungun - Jalan Rusak, Bila Hujan Turun Menyebabkan Banjir di Nagori Jawamaraja (NAGOJOR) Kec Jawamarja Bah Jambi





Sumber: Siantarnews.com
loading...

No comments

Powered by Blogger.