Header Ads

Batak Network - Semua Tentang Batak

Good Governance dan Group GAS: Kemitraan dan Sinergitas

Good Governance dan Group GAS: Kemitraan dan Sinergitas
Kota Pematangsiantar - Foto: Joel Fery Sugandhi Sitohang‎ / Group Anak Siantar (GAS)


Oleh: Tuntun Sinaga

Good governance adalah tata laksana pemerintahan yang baik demi kemaslahatan rakyat banyak, bonnum commune. Ada 3, tiga, ciri utama yang dimiliki sehingga dia disebut sebagai tata laksana pemerintahan yang baik, yaitu adanya Partisipasi, Transparansi dan Tanggungjawab.

Partisipasi, bahwa kekuasaan tidak lagi semata-mata urusan pemerintah adalah konsep utama good governance, pelaksanaan fungsi pemerintahan secara bersama-sama dilaksanakan oleh Pemerintah, Masyarakat Sipil dan Pihak Swasta.

Media Sosial, katakanlah Group Facebook Group Anak Siantar (GAS), GAS, adalah salah satu dari sekian jumlah media komunikasi sosial yang ada di kota Siantar. Media sosial (medsos) GAS adalah bagian dari Masyarakat Sipil itu.

Dengan kalimat, "mau peduli mau berbagi", GAS sudah berkiprah, turut berpartisipasi melayani kota Pematangsiantar dan warganya di bidang komunikasi-informasi meliputi aspek sosial, ekonomi, hukum, lingkungan hidup, agama, budaya, bahkan politik dan lain sbgnya..

Walikota tidak akan dapat membangun sendiri kota, DPRD juga demikian, bahkan sekalipun dibantu oleh semua pejabat-kota tetap akan sulit untuk mewujudkan kesejahteraan bersama itu.

Sehingga dalam upaya pencapaian kesejahteraan bersama yang dimaksud, dibutuhkanlah partisipasi dari Pihak Swasta dan Komponen Masyarakat Sipil dimana  GAS dan  forum komunikasi lainnya ada didalamnya.

Medsos merupakan media komunikasi yang memiliki keunggulan dapat memberitakan informasi secara cepat, tanpa melalui gatekeeper yang rumit, dan dapat menjangkau banyak orang, bahkan penduduk sekota secara simultan.

Alangkahkah baiknya bila pemerintah kota Pematangsiantar mau membuka ruang kemitraan dengan pihak swasta dan dengna komponen masyarakat sipil ini, termasuk medsos, dalam mewujudkan kesejahteraan bersama penduduk sekota, kota kecintaan kita, Pematangsiantar! Semoga, ya, semoga saja.

Sipangambei manoktok hitei

Horas dan Salam GAS dongans Keluarga Besar Group Anak Siantar (KB-GAS)!


LIHAT JUGA VIDEO DI BAWAH INI
Di Bulan Ramadhan, KB-GAS Berbagi kasih kepada Abang Becak di Kota Pematangsiantar



loading...

No comments

Powered by Blogger.