Header Ads

Batak Network - Semua Tentang Batak

Open House Jokowi, Sandal Jepit dan Paspampres Penerima Tamu

WARTAGAS.COM - Hal menarik terjadi saat open house Presiden Joko Widodo di Istana Negara kemarin (25/6). Protokol Istana dan Pasukan Pengamanan Presiden (Paspampres) membiarkan banyak masyarakat masuk Istana mengenakan celana jin dan sandal jepit.

Open House Jokowi, Sandal Jepit dan Paspampres Penerima Tamu
Presiden Jokowi menggelar acara open house di mana masyarakat diperbolehkan masuk Kompleks Istana Kepresidenan, meski mengenakan celana jin dan sandal jepit. - Foto: CNN Indonesia

Mereka tak hanya bisa masuk. Masyarakat bersandal jepit bahkan dapat menghampiri dan bersalaman dengan Jokowi. Tak ada yang dibeda-bedakan saat itu.

Semua masyarakat umum, baik yang mengenakan sandal jepit, sepatu, jin, gamis, kaos, pakaian adat, dapat bersilaturahmi dengan orang nomor satu di Indonesia ini. Jokowi pun terlihat tak bermasalah dengan hal itu.

Hari-hari biasanya, pengamanan yang berada di sekitaran Istana tak mengizinkan masyarakat masuk apabila menggunakan jin dan sandal jepit. Jika masuk rombongan, yang bersandal jepit biasanya disuruh menunggu di ruang tamu.

Aturan ini diterapkan bagi seluruh lapisan masyarakat. Politikus PDI Perjuangan Adian Napitupulu bahkan sempat dilarang masuk Istana karena mengenakan celana jin.

Padahal, kehadirannya di sana untuk memenuhi undangan diskusi dan mendengarkan aspirasi masyarakat Suku Amungme di Gedung Binagraha, Kompleks Istana Kepresidenan. Gedung ini hanya berjarak beberapa meter dari Istana Negara.

Namun aturan itu benar-benar tak berlaku kemarin. Tak hanya bersilaturahmi, seluruh masyarakat yang hadir juga dihadiahi selembar cetakan foto saat bersalaman dengan Jokowi.

Paspampres Jadi Penerima Tamu

Paspampres juga menarik perhatian kemarin. Mereka menjaga Presiden sekaligus menjadi penerima tamu. Beberapa anggota Paspampres berjaga di sekitaran tamu. Mereka membantu merapikan barisan masyarakat di Istana.

Menariknya, beberapa masyarakat yang hadir juga menyalami Paspampres. Selama ini, masyarakat hanya fokus untuk berinteraksi atau mendekati Jokowi.

Jangankan bersalaman dengan Paspampres, masyarakat biasanya langsung menuruti instruksi mereka ketika sedang mengawal Presiden.

Namun, ibu-ibu hingga beberapa bapak kemarin sambil tersenyum menyodorkan tangan kepada pengawal Jokowi yang berpakaian batik saat itu.

Sambil tersenyum, Paspampres menyambut tangan masyarakat dan bersalaman.

Meski demikian, mereka tetap menjalankan tugas utamanya. Sambil mengatur antrean, mereka meminta masyarakat tak mengeluarkan kamera dan ponsel ketika di dekat Jokowi.

Mereka meyakinkan masyarakat, fotografer Istana akan mengambil gambar semua orang yang bersalaman dengan mantan Gubernur DKI Jakarta ini. (CNNIndonesia)

LIHAT JUGA VIDEO MENARIK DI BAWAH INI


loading...

No comments

Powered by Blogger.