Header Ads

Batak Network - Semua Tentang Batak

Alamak! Penumpang Tampar Petugas Avsec Bandara Manado, Ini Kronologisnya

WARTAGAS.COM - Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi meminta tindakan penumpang wanita yang menampar petugas Aviation Security Bandara Sam Ratulangi dilaporkan polisi. Penumpang itu dinilai bersikap semena-mena.

Alamak! Penumpang Tampar Petugas Avsec Bandara Manado, Ini Kronologisnya
Screenshot video penumpang tampar petugas bandara - Foto: detikcom

"Saya sudah minta agar segera lakukan upaya hukum atas perbuatan semena-mena tersebut," Budi Karya Sumadi kepada wartawan, Rabu (5/7/2017).

Peritiswa penumpang wanita yang hendak berangkat ke Jakarta terjadi sekitar pukul 07.46 WITA pagi tadi. Dalam video yang beredar, penumpang tersebut mengenakan pakaian hitam menampar petugas wanita berinisial AM.

"Saya sudah dapat laporan dan melihat videonya. Saya menyayangkan sikap arogansi kepada petugas Aviation Security di Bandara Sam Ratulangi Manado," kata Budi Karya.

Sementara itu, Corporate Communication Departemen Head PT Angkasa Pura I, Awaluddin mengatakan petugas wanita itu sudah memberikan peringatan kepada penumpang itu. Peringatan tersebut sebelum melewati pemeriksaan mesin sinar X atau X-ray.

Setelah penumpang itu melewati pemeriksaan, alarm mesin Walk Through Metal Detector berbunyi. Saat itu, petugas wanita meminta penumpang itu untuk mengulangi kembali, namun penumpang itu malah marah.

"Petugas Aviation Security sudah sesuai aturan surat keputusan Dirjen Perhubungan Udara nomor 2765/XII/2010 terkait pemeriksaan keamanan penumpang yakni Pasal 23 bahwa mantel jaket, jam tangan harus dilepas melalui metal detector," kata Awaluddin dihubungi terpisah.

Berikut kronologi lengkap yang diberikan Awaluddin kepada  media, seperti yang dilansir oleh detikcom (5/7):

- Pukul 07.46 WITA

Dua orang calon penumpang melalui pemeriksaan Security Check Point 2 Bandara Sam Ratulangi Manado;

Pada saat calon penumpang melalui Walk Through Metal Detector, alarm berbunyi;

- Pukul 07.48 WITA

Petugas Avsec melakukan pemeriksaan body search kepada calon penumpang;
Petugas Avsec meminta melepas jam tangan calon penumpang tersebut dan pemeriksaan dilakukan kembali dengan melalui X-Ray

(berdasarkan Surat Keputusan Dirjen Perhubungan Udara SKEP/2765/XII/2010 tentang Tata Cara Pemeriksaan Keamanan Penumpang, Personel Pesawat Udara Dan Barang Bawaan Yang Diangkut Dengan Pesawat Udara Dan Orang Perseorangan, sesuai Pasal 23 huruf b angka 2);

- Pukul 07.49 WITA

Pada mengambil barang-barang miliknya tersebut, calon penumpang emosi;

- Pukul 08.15 WITA

Permasalahan ditangani pihak Kepolisian Sektor Bandara Sam Ratulangi Manado.

LIHAT JUGA VIDEO MEENARIK DI BAWAH INI



Sumber: detikcom
loading...

No comments

Powered by Blogger.