Header Ads

Batak Network - Semua Tentang Batak

Cocokkah Palangka Raya Jadi Ibu Kota Baru RI?

WARTAGAS.COM - Pemerintah berencana memindahkan ibu kota ke luar Jawa. Salah satu calon ibu kota adalah Palangka Raya, ibu kota Provinsi Kalimantan Tengah.

Cocokkah Palangka Raya Jadi Ibu Kota Baru RI?
Ini Dia Lokasi Ibu Kota Baru di Palangka Raya Seluas 500 Ribu Ha - Foto: detikcom

Layakkah Palangka Raya jadi ibu kota baru? Menurut data geologi dan tanah yang dijelaskan dalam Peraturan Daerah Kota Palangka Raya nomor 19 Tahun 2014 tentang Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Kota Palangka Raya 2013-2018, ada wilayah yang tidak cocok dikembangkan jadi kawasan perkotaan.

Lokasinya di selatan Kota Palangka Raya.

"Struktur geologi Kota Palangka Raya sebagian besar disusun dari batuan kwarsa dan dari endapan kuarter. Endapan kuarter ini membentuk lahan bergambut sehingga kurang cocok untuk dikembangkan sebagai lahan perkotaan," sebut data RPJMD Palangka Raya 2013-2018, dikutip Kamis (6/7/2017).

Lahan jenis ini terletak di wilayah selatan Palangka Raya yaitu di Kecamatan Sabangau. Sementara di wilayah utara Palangka Raya struktur batuannya terbentuk dari endapan mineral batu kwarsa, kaolin dan granodiarit (batu gunung) yang memiliki sifat daya tekan yang kuat dan kestabilan tanah dan batuan yang tinggi. Sebaran batuan ini sebagian besar berada di Kecamatan Bukit Batu

Menurut Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), Basuki Hadimuljono, calon lokasi yang disiapkan untuk ibu kota baru berada di wilayah utara Palangka Raya.

"Di Kalteng di sebelah utaranya Palangka Raya. Itu kan 300 ribu hektar," ujar Basuki, saat menghadiri acara evaluasi mudik di Kantor Staf Presiden, Jakarta, Kamis (6/7/2017).

Selain Palangka Raya, Basuki mengatakan calon ibu kota baru juga berada di Kalimantan Selatan dan Kalimantan Timur. Lantas, di mana ibu kota baru pengganti Jakarta nanti? Kita tunggu saja hasil kajian Bappenas yang bakal selesai akhir tahun ini.

Calon Ibu Kota Baru RI Ada di 3 Provinsi Ini
Pemerintah berencana memindahkan ibu kota ke luar Pulau Jawa. Kajian pemindahan ibu kota sedang digarap Badan Perencanaan Pembangunan Nasional dan ditargetkan rampung tahun ini.

Suasana di Sungai Kahayan, Palangkaraya
Suasana di Sungai Kahayan, Palangkaraya - Foto: detikcom

Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), Basuki Hadimuljono, mengatakan calon ibu kota baru yang dikaji berada dalam 3 provinsi di Kalimantan, yaitu di Kalimantan Tengah (Palangka Raya), Kalimantan Timur, dan Kalimantan Selatan (Kalsel).

"Ada tiga (wilayah). Di Kalimantan Tengah (Kalteng), Kalimantan Timur (Kaltim), dan Kalimantan Selatan (Kalsel)," kata Basuki di Kompleks Istana Negara, Jakarta, Rabu (5/7/2017).

Basuki mengatakan belum mengetahui rincian kajian pemindahan ibu kota. Namun, untuk Palangka Raya, Basuki sempat menjelaskan lokasinya ibu kota baru yang disiapkan.

"Belum tahu (pastinya). Di Kalteng di sebelah utaranya Palangka Raya. Itu kan 300 ribu hektar. Di Kaltim saya belum tau malahan. Di Kalsel saya enggak ngerti. Saya enggak bisa spekulasi," kata Basuki.

Yang terpenting, kata Basuki, lahan yang akan dijadikan ibu kota baru merupakan milik negara.

"Yang penting lahannya masih dikuasai negara. Nanti Presiden yang memutuskan," terang Basuki.

LIHAT JUGA VIDEO DI BAWAH INI



Sumber: detikcom
loading...

No comments

Powered by Blogger.