Header Ads

Batak Network - Semua Tentang Batak

Inilah 10 Negara Terbaik untuk Hidup Sebagai Wanita Karier

WARTAGAS.COM - Bukan rahasia lagi jika wanita di berbagai belahan dunia masih menghadapi sejumlah tantangan dalam mengembangkan karier mereka. Masalah yang paling banyak dirasakan umumnya adalah kesulitan menyeimbangkan antara karier dan keluarga apalagi ketika mereka sudah punya anak. Ada pula yang kesulitan mendapat pendidikan dan dukungan mencapai posisi tinggi. Namun ada sebagaian wanita yang beruntung hidup di sejumlah negara yang mendukung keseteraan hak wanita termasuk dalam berkarier. Berikut 10 negara terbaik untuk hidup sebagai wanita, ada Indonesia?

Inilah 10 Negara Terbaik untuk Hidup Sebagai Wanita Karier
Ilustrasi - Foto: Allyancyys Society / flickr.com

Swedia
Tak mengejutkan memang bila Swedia masuk sebagai negara terbaik untuk hidup sebagai wanita. Swedia memang punya kebijakan cuti melahirkan terbaik di dunia. Perusahaan biasanya memberi orangtua (istri dan suami) cuti total 480 hari. Para ibu pun akan menerima perawatan sebelum dan sesudah melahirkan bersubsidi atau bahkan gratis.

Negara itu menjadi semakin baik untuk wanita karena mengutamakan persamaan hak. Dilansir US News, sejumlah daycare di sana pun sudah mempromosikan persamaan hak sedari kecil. Hal tersebut bukan tanpa bukti karena setengah menteri di Swedia berjenis kelamin wanita.

Denmark
Denmark juga sering keluar sebagai negara paling bahagia menurut penelitian. Itu tidak mengherankan karena para penduduknya punya gaji yang setara. Dikatakan jika tidak ada ketimpangan penghasilan antara wanita dan pria. Begitu juga dalam bidang edukasi, ekonomi, kesehatan, dan politik. Negara dengan penduduk paling bahagia itu juga menawarkan salah satu kebijakan cuti melahirkan terbaik di Eropa.

Norwegia
Ibu sering galau ketika baru punya bayi. Biasanya mereka tidak tega jika bayi harus dititipkan jika harus kembali bekerja. Para wanita di Norwegia tampaknya tak terlalu memusingkan hal tersebut. Pasalnya mereka diberi cuti 35 minggu dan tetap diberi penghasilan penuh. Sedangkan jika ingin cuti 45 minggu, mereka akan mendapatkan 80% gaji. Norwegia pun menjadi salah satu negara dengan keseteraan gender terbaik.

Belanda
Seperti negara-negara sebelumnya, para ibu baru melahirkan dirawat dengan baik di negara ini. Wanita di sana bukan hanya dapat cuti melahirkan namun juga suster pribadi untuk merawat mereka. Belanda juga melakukan banyak usaha untuk mengecilkan celah antara wanita dan pria dalam berbagai bidang, termasuk karier dan penghasilan.

Kanada
Kanada dikenal sebagai negara dengan penduduk yang baik dan ramah. Selain itu, Kanada juga menjaga hak-hak wanita dengan menjadikan hal tersebut sebuah kebijakan dalam dan luar negeri. Namun negara yang dipimpin Justin Tredeau ini juga tidak sempurna. Dikatakan jika tingkat pembunuhan pada penduduk wanita asli Kanada lebih tinggi dari pada wanita Kanada lainnya.

Finlandia
Finlandia jelas mendukung kesetaraan hak wanita. Finlandia menjadi negara pertama yang memberi kesempatan mereka untuk menggunakan hak pilih. Negara itu juga menciptakan International Gender Equality Prize. Kesetaraan gender bahkan sudah diajarkan sedari kecil. Tahun ini, para murid kelas 3 SMP di sana bahkan sudah diberi salinan 'We Should All Be Feminists'.

Swiss
Seperti negara-negara sebelumnya, Swiss juga gencar mempromosikan keberagaman dan hak-hak wanita meski menjadi salah satu yang terakhir membiarkan mereka menggunakan hak pilih. Apalagi negara itu juga masuk daftar sebagai negara terbaik untuk ditinggali karena nyaman dan tidak rawan kriminalitas.

Australia
Bosan tinggal di Indonesia namun tidak mau terlalu jauh dari keluarga? Anda mungkin bisa melirik negara tetangga Australia. Negara tersebut diketahui mendukung secara maksimal partisipasi olahraga baik untuk pria dan wanita. Artinya negara ini percaya jika wanita juga mampu mengolah fisiknya. Sedangkan angka harapan hidup pria dan wanita di sana sama-sama cukup tinggi.

Austria
Austria banyak dipuji karena punya standar penghasilan tertinggi di dunia. Dan hal itu berlaku untuk pria dan wanita sehingga tidak ada ketimpangan penghasilan. Negara tersebut juga punya baik dalam hal kewirausahaan, kependudukan, dan budaya. Sempurna untuk wanita dan keluarga.

Selandia Baru
Negara ini tentu akan nyaman ditinggali baik oleh wanita dan pria karena punya alam yang mengagumkan. Selain itu, Selandia baru juga merupakan negara yang aman dan damai sehingga sempurna untuk para wanita beserta keluarga mereka. Negara yang sudah bebas nuklir sejak 1980 ini pun sering memimpin dunia sebagai pendamai global.

LIHAT JUGA VIDEO DI BAWAH INI




Sumber: wolipopdetikcom
loading...

No comments

Powered by Blogger.