Header Ads

Batak Network - Semua Tentang Batak

Pesta HUT Panjaitan Siantar-Simalungun “Kebersamaan Memunculkan Berkat Tuhan”

WARTAGAS.COM - Persaudaraan yang dibangun dengan komunikasi yang baik merupakan hal penting dalam menciptakan jalinan kebersamaan menuju pembangunan dan kemajuan bersama. Hal itu harus menjadi barometer untuk sikap bahu-membahu agar generasi Panjaitan Dohot Boru semakin jaya.

Pesta HUT Panjaitan Siantar-Simalungun “Kebersamaan Memunculkan Berkat Tuhan”
Panitia dan para pengurus Panjaitan Dohot Boru Siantar-Simalungun meniup lilin Ulang Tahun Panjaitan Dohot Boru. - Foto: metrosiantar.com

Semangat itu disampaikan saat pesta Hari Ulang Tahun (HUT) Panjaitan Dohot Boru Kota Siantar dan Kabupaten Simalungun, Sabtu (26/8) di Restoran Internasional, Jalan Gereja.

Melansir dari Media Online MetroSiantar.com, bahwa HUT Panjaitan Dohot Boru dari dua daerah ini merupakan kegiatan yang pertama kali dilaksanakan. Ribuan pomparan Panjaitan Dohot Boru hadir dan merasakan kebersamaan. Kegiatan diisi ibadah umum hingga berbagai hiburan dan penyerahan hadiah. Para tamu undangan juga ikut merasakan kebahagiaan, antara lain Walikota Pematangsiantar Hefriasnyah didampingi Calon Wakil Walikota Togar Sitorus, Ketua DPRD Eliakim Simanjuntak, Kapolres AKBP Dody Hermawan dan beberapa pejabat lainnya.

Kemeriahan semakin terlihat dengan kehadiran beberapa pejabat tinggi Negara, yakni Wakil Ketua Komisi III DPR RI Trimedy Panjaitan, Sekretaris Jenderal Partai Demokrat Hinca Panjaitan. Sesuai jadwal, sebenarnya Menko Kemaritiman Luhut Binsar Panjaitan dan Wakil Ketua KPK Basaria Panjaitan akan hadir. Namun berkaitan dengan tugas Negara, keduannya berhalangan hadir.

Tak hanya itu, tampak juga hadir tamu lainnya, di antaranya Bupati Papua, Anggota DPR RI Junimart Girsang SH, Toga Panjaitan, serta beberapa anggota DPRD dari Partai PDI Perjuangan. Mereka mendampingi kedatangan Trimedy Panjaitan dan Junimart Girsang. Hadir juga Sekda Simalungun Gideon Purba, pengurus Marga Tuan Dibangarna Kota Siantar Dolok Panjaitan dari Papua dan Samuel Panjaitan, Ketua Panjaitan dohot Boru Simalungun Op Pinoti Panjaitan. Sementara yang duduk di bagian depan, terlihat juga Ketua Panjaitan Dohot Boru Kota Siantar, Edison Panjaitan.

Pdt DR HR Panjaitan dalam kotbahnya yang diangkat dari Nats Alkitab Psalmen (Mamur) 133, mengajak agar marga Panjaitan Dohot Boru saling memerhatikan satu dengan lainnya. Karena kebersamaan itu pula lahir berkat-berkat dari Tuhan. Ia mengakui, menjaga kebersamaan tidaklah mudah atas berbagai dinamika kehidupan dan biasanya persaudaraan itu mulai renggang tak kala kakak beradik dari satu keturunan sudah berumah tangga.

“Oleh karena itu, komunikasi tidak boleh dilupakan. Jangan hanya saat hendak mendirikan tugu baru bersatu. Namun ketika kita sama-sama menjalani kehidupan ini. Kalau kita bersatu, pasti banyak hal yang bisa dikerjakan demi pembangunan Panjaitan Dohot Boru. Sekarang ini banyak marga Panjaitan Dohot Boru yang sudah berhasil. Kiranya itu menjadi berkat pada sesama kita atau generasi-generasi kita,” terangnya sembari mengingatkan agar Panjaitan Dohot Boru seperti madu yang banyak disenangi orang dan jangan saling menyampaikan keburukan.

Dalam kesempatan itu, Ketua Panitia HUT Drs Resman Panjaitan menerangkan bahwa terlaksananya pesta ini tidak lepas dari inisiasi Kapolres Simalungun AKBP Liberty Panjaitan. Gagasan itu pertama kali disampaikan kepada beberapa orang hingga kemudian bersambut baik dari pertemuan demi pertemuan ringan. Ia menekankan, apa yang terlaksana saat ini menjadi bukti Panjaitan Dohot Boru sada (satu-red).

“Perayaan Panjaitan Dohot Boruna dapat terealisasi dan bisa hidup sebagai kekeluargaan yang hidup karena kita menerapkan sikap saling tolong menolong. Generasi Panjaitan Dohot Boru menggeliti berbagai bidang, mulai pejabat tinggi, legislatif, kepolisian dan lainnya. Lewat itu juga kita bisa saling memerhatikan. Kegiatan ini menjadi salah satu upaya menyatukan dan mendata kembali marga Panjaitan Dohot Boruna, sehingga kedepan dilakukan pertemuan rutin,” jelasnya.


Sesuai dengan laporannya, jumlah peserta yang hadir dalam pesta HUT ini sekitar 3.000 orang, melebihi dari perkiraan panitia. “Kita ingin menyatukan Panjaitan tanpa mengenal kesetaraan atau diskriminasi. Target kita kedepan adalah memikirkan aspek pendidikan dengan cara memberikan beasiswa bagi pelajar dari Panjaitan. Kita juga akan melakukan pembekalan perekonomian dengan mengemas potensi yang dimilki untuk menciptakan UKM. Kita juga akan menyelenggaran aksi cinta lingkungan,” ucapnya.

Sementara itu Pelindung Panitia AKBP Liberty Panjaitan mengatakan, acara Panjaitan Siantar Simalungun itu harus diteruskan. Tujuannya untuk mempererat persaudaraan, saling mengingatkan dan tolong menolong. “Dengan pesta seperti ini, kita menumbuhkan tali persaudaraan. Artinya semua bisa berkoordinasi, baik antar pejabat dan yang tidak pejabat. Kedepan acara ini pasti berlanjut. Kalau ada yang pertama, maka yang kedua dan seterusnya pasti adalah. Dengan pertemuan ini, semua kita harus saling topang menopang,” ujarnya sembari menyampaikan rasa terimakasihnya kepada panitia dan pihak-pihak yang sudah bersusah payah memberikan dukungan demi kelancaran acara.

Walikota Pematangsiantar Hefriansyah dalam sambutanya, mengajak semua yang hadir menjadikan pesta tersebut alat memperkuat tali persaudaraan. Kemudian saling menjaga kerukunan antar umat beragama. “Jadikanlah sikap cinta kasih itu sebagai jalan untuk mendekatkan diri pada Tuhan dan pada sesama,” terangnya.

Dalam acara itu, dilaksanakan penyerahan cinderamata kepada tamu-tamu undangan, yang diiringi dengan Gabepas Trio binaan Polres Simalungun, Amigos Band dan Style Voice, serta diisi dengan luckydraw. Ada juga hadiah dua unit sepedamotor, sepeda gunung, televisi, kulkas, mesin cuci dan beberapa hadiah lainnya.


LIHAT JUGA VIDEO DI BAWAH INI




Laporan: TIM
Sumber: metrosiantar.com
loading...

No comments

Powered by Blogger.