Header Ads

Batak Network - Semua Tentang Batak

Satu Lagi, Cita-cita Soekarno Terwujud di Era Pemerintahan Jokowi

WARTAGAS.COM - Pemerintah Republik Indonesia melakukan pengembangan infrastruktur gedung Perpustakaan Nasional Republik Indonesia (Perpusnas RI). Hal tersebut, disebut-sebut sebagai upaya pemerintah mewujudkan cita-cita Soekarno, presiden pertama sekaligus pendiri bangsa Indonesia.

Satu Lagi, Cita-cita Soekarno Terwujud di Era Pemerintahan Jokowi
Ilustrasi - Foto: merdeka.com

"Dan tentu ini yang dicita-citakan oleh founding father kita, Bapak Soekarno, ingin mendirikan perpustakaan di sini. Alhamdulillah, terwujud di era Presiden Jokowi, presiden yang ketujuh ini," ungkap Sekretaris Utama Perpusnas RI, Dedi Junaedi di Jakarta, Jumat (15/9/2017).

Terletak di civic center bersama Istana Merdeka, Monumen Nasional, Galeri Nasional, Museum Gajah dan berbagai objek vital lain di wilayah ring satu, Perpusnas yang terletak di Jalan Merdeka Selatan, Jakarta Pusat akan jadi salah satu tujuan edukatif mancanegara.

"Fasilitas ini, sarananya, gedungnya ini ada di ring satu. Perpusnas ini jadi tujuan edukatif mancanegara," kata Junaedi.

Perpustakaan Nasional Republik Indonesia (Perpusnas RI
Perpustakaan Nasional Republik Indonesia (Perpusnas RI) - Foto: net

Junaedi menyebut, pengembangan yang dilakukan pemerintah terhadap Perpusnas bukan hanya pada infrastruktur, namun juga pada pelayanan. Dari 27 lantai yang tersedia, pengelola Perpusnas menyediakan 24 lantai khusus untuk pelayanan edukasi masyarakat.

"Sebenarnya bukan meresmikan secara fisik, tapi fasilitas layanan untuk masyarakat yang tentunya merupakan yang ditunggu-tunggu oleh masyarakat," kata Junaedi.

"Nah, adapun sarananya, dari 24 lantai itu betul-betul dipersembahkan untuk masyarakat, bukan untuk perkantoran," lanjutnya.

Karenanya, Junaedi berharap pengembangan fasilitas dan pelayanan Perpusnas dapat meningkatkan minat masyarakat Indonesia untuk mengakses buku bacaan, referensi akademis dan literatur. Junaedi pun mengundang seluruh elemen masyarakat untuk datang menikmati pelayanan termutakhir yang disediakan Perpusnas secara gratis.

"Nah, sarana ini, dari lantai satu sampai lantai 24, ada untuk pelayanan anak, layanan lansia, layanan difabel dan seluruh elemen masyarakat silahkan memanfaatkan ini secara gratis," ungkapnya.


LIHAT JUGA VIDEO DI BAWAH INI



Laporan: Tim
Sumber: Okezone.com
loading...

No comments

Powered by Blogger.