Header Ads

Batak Network - Semua Tentang Batak

Mewujudkan Cita-Cita Sumpah Pemuda

Mewujudkan Cita-Cita Sumpah Pemuda


Oleh: Arman Prb*)

Hari ini genap 89 tahun, 28 Oktober 2017 bangsa Indonesia mengingat kembali perjuangan para Pemuda Indonesia yang tergabung dari Seluruh Pemuda antar suku, ras, agama, daerah yang Bhineka Tunggal Ika bersatu mengikrarkan janji bahwa Indonesia memiliki Satu Nusa Tanah Air, Satu Bangsa dan Satu Bahasa, yaitu Indonesia. Kalau dilihat perjuangan pemuda saat itu, mereka mengutamakan rasa kebersamaan, persaudaraan, persatuan, kedaulatan, rasa kasih yang mengikat untuk Indonesia Bersatu.

Tantangan yang dihadapi sekarang adalah bagaimana kita bisa belajar untuk mengisi kemerdekaan dan mewujudkan harapan dan para pejuang Pemuda Bangsa untuk tetap bisa menjaga rasa Persaudaraan, Persatuan untuk mewujudkan cita-cita perjuangan Pemuda, yaitu masyarakat yang hidup dengan aman, saling mendukung, menjauhkan konflik, tidak ada unsur mayoritas dan minoritas, menjunjung tinggi rasa keadilan, sejahteta dan bermartabat.

Arman Purba (sebelah Kiri) berfoto sejenak bersama rekan-rekan seusai Upacara Perayaan Sumpah Pemuda 2017 di Pulauberayan Dadap, Sumatera Utara, Sabtu 28 Oktober 2017 - Foto: Ist

Hari ini adalah hari Kebangkitan Pemuda, banyak pemuda/i yang berprestasi dikancah Nasional maupun Internasional. Mari kita generasi muda untuk tetap semangat mewujudkan cita-cita para pejuang pemuda terdahulu mengisi kemerdekaan dengan prestasi yang bisa mengangkat bangsa Indonesia dapat bersaing dengan negara lain dengan berjanji dan berkomitmen untuk bersama-sama memperbaiki diri, meliputi pola pikir, sikap, kebersamaan, kekuatan spritual, rasa kekeluargaan, kepedulian, kehormatan, saling menghargai dan cinta tanah air.

Pat Riley dalam bukunya "The Winner Within" menyatakan: If We are not committed to getting better at What We are doing, We are bound to get Worse (Jika kita tidak berkomitmen untuk mengerjakan tanggung jawab kita lebih baik, maka kita selamanya akan terperangkap dan kian terpuruk).

Selamat beraktifitas, kita harus tetap optimis dalam menghadapi rintangan.


LIHAT JUGA VIDEO DI BAWAH INI



*) Penulis adalah Dosen di Universitas Medan, Sumut
loading...

No comments

Powered by Blogger.