Header Ads

Batak Network - Semua Tentang Batak

Pernikahan Kahiyang-Bobby Sederhana, Benar-benar Indonesia

WARTAGAS.COM - Putri Presiden Jokowi, Kahiyang Ayu, resmi dinikahi Muhammad Bobby Afif Nasution. Bobby terlihat mantap saat membacakan ijab-kabul.

Pernikahan Kahiyang-Bobby Sederhana, Benar-benar Indonesia
Putri Presiden Joko Widodo, Kahiyang Ayu (ketiga kanan) bersama suaminya Bobby Nasution (ketiga kiri) menunjukkan buku nikah dengan disaksikan Presiden Joko Widodo (kiri), Ibu Negara Iriana Joko Widodo (kedua kiri), Ibunda Bobby Nasution, Hanifah Siregar (kedua kanan) dan Paman Bobby Nasution, Irwin Nasution (kanan) seusai ijab kabul pernikahan Kahiyang Ayu-Bobby Nasution di Gedung Graha Saba, Sumber, Solo, Jawa Tengah, Rabu (8/11). - Foto: hariansib.co

Akad nikah ini berlangsung di Graha Saba Buana, Jalan Letjen Suprapto, Solo, Rabu (8/11). Jokowi, yang menjadi wali nikah, duduk di hadapan Kahiyang dan Bobby.

Setelah pembacaan ayat suci Alquran oleh Ustaz Agus Maarif, KH Said Aqil Siroj kemudian memberikan khotbah kepada kedua mempelai. Dia memberikan nasihat pernikahan agar Kahiyang dan Bobby mantap mengarungi mahligai rumah tangga.

Prosesi ijab-kabul pun kemudian dimulai. Presiden Jokowi dan Bobby berjabat tangan. Ini disaksikan para wali nikah pihak mempelai wanita Wakil Presiden Jusuf Kalla dan pendamping KH Ma'ruf Amin serta wali pihak mempelai pria, Menko Perekonomian Darmin Nasution dan pendamping Buya Syafii Maarif.

"Saya nikahkan dan saya jodohkan anak kandung perempuan saya, Kahiyang Ayu, dengan engkau Muhammad Bobby Afif Nasution bin Ir Erwin Nasution almarhum dengan maskawin seperangkat alat salat dan emas seberat 80 gram dibayar tunai," ucap Jokowi.

Bobby pun dengan mantap membalas. Tanpa membaca teks, dia lancar membacakan ijab-kabul sambil menatap mata Presiden Jokowi.

"Saya terima nikah dan jodohnya Kahiyang Ayu binti Joko Widodo dengan maskawin seperangkat alat salat dan emas seberat 80 gram dibayar tunai," ucap Bobby lancar.

Penghulu dari KUA Kec Banjarsari kemudian menanyakan kepada para saksi serta tamu hadirin apakah ijab-kabul itu sah. Semua menjawab sah.

Dihadiri Deretan Pejabat
Sejumlah pejabat negeri ini tampak hadir di lokasi akad.

Para pejabat tersebut duduk di kursi yang telah disediakan di dalam gedung.

Mereka antara lain Presiden ke-5 RI Megawati Soekarnoputri, Presiden ke-6 RI Susilo Bambang Yudhoyono, Ketua DPR Setya Novanto, Kepala BIN Budi Gunawan, Menko Kemaritiman Luhut Binsar Pandjaitan, Ketum MUI Maaruf Amin, Buya Syafii Maarif, Haedar Nasir, KH Said Aqil Siradj, Sekjen PDIP Hasto Kristyanto, dan Gubernur DKI Anies Baswedan.

Selain itu ada juga KH Maimun Zubair, Gus Mus (Musthofa Bisri), Agus Harimurti Yudhoyono, Annisa Pohan, Edhi Baskoro, Ketua DPD Oesman Sapta, Ketua MPR Zulkifli Hasan, Jimly Ashhiddiqie, Guruh Soekarnoputra, Yenny Wahid, Sutiyoso, Menteri Susi Pudjiastuti, dan Tri Sutrisno.

Bobby Baca Sighat Ta'lik
Bobby Nasution membaca janji nikah yang ditandatangani seusai prosesi ijab-kabul. Janji ini diucapkan Bobby di depan Presiden Joko Widodo dan didampingi Kahiyang Ayu di sampingnya.

Berikut sighat ta'lik yang dibacakan Bobby :

Saya Bobby Afif Nasution bin Erwin Nasution berjanji dengan sesungguh hati bahwa saya akan mempergauli istri saya yang bernama Kahiyang Ayu binti Joko Widodo dengan baik (mu'asyarah bil ma'ruf) menurut ajaran Islam.

Kepada istri saya tersebut saya menyatakan sighat ta'lik sebagai berikut:

Apabila saya:
1. Meninggalkan istri saya selama 2 tahun berturut-turut;

2. Tidak memberi nafkah wajib kepadanya 3 bulan lamanya;

3. Menyakiti badan atau jasmani istri saya;

4. Membiarkan (tidak mempedulikan) istri saya selama 6 bulan atau lebih,

Dan karena perbuatan saya tersebut, istri saya tidak ridha dan mengajukan gugatan kepada Pengadilan Agama, maka apabila gugatannya diterima oleh Pengadilan tersebut kemudian istri saya membayar uang sebesar Rp 10 ribu sebagai 'iwadl (pengganti) kepada saya, maka jatuhlah talak saya satu kepadanya.

Kepada Pengadilan Agama saya memberikan kuasa untuk menerima uang 'iwadl (pengganti) tersebut dan menyerahkannya kepada Badan Amil Zakat Nasional setempat untuk keperluan ibadah sosial.

Naik Kereta Kencana
Sebelumnya, Kahiyang Ayu tiba di lokasi akad menggunakan kereta kencana. Dia terlihat cantik mengenakan kebaya pernikahan adat jawa.

Kahiyang tiba di Gedung Graha Saba Buana pukul 08.30 WIB.

Kahiyang berangkat dari kediamannya menggunakan iring-iringan kereta kencana. Dia berada dalam satu kereta kencana bersama kakaknya Gibran Rakabuming Raka yang turut serta bersama istri dan anaknya.

Kereta kencana Presiden Jokowi menyusul di belakang. Jokowi yang didampingi Ibu Negara Iriana terlihat semringah. Mereka juga nampak menyapa warga yang membanjiri sepanjang jalan.

Kahiyang Ayu juga ramah menyapa warga yang berkerumum di sepanjang jalan. Dia tersenyum dan melambaikan tangan.

Sementara itu Muhammad Bobby Afif Nasution juga memulai prosesi kirab menuju acara resepsi pernikahan.

Bobby dan rombongan berangkat dari hotel menuju Gedung Graha Saba Buana pukul 08.00 WIB.

Para polisi wanita dan Kowad TNI berada di barisan paling depan. Mereka mengenakan pakaian adat dari berbagai daerah di seluruh nusantara.

Di belakangnya ada kereta kencana Bobby, diikuti kereta kencana yang membawa orang tua dan anggota keluarga.

Sepanjang jalan warga Solo antusias menyapa Bobby. Mereka juga memotret iring-iringan kirab ini dengan kamera HP. Bobby yang mengenakan beskap dan blangkon ramah menyapa warga dari dalam kereta kencana.

Kirab Bobby ini mendapat pengawalan ketat Pasukan Pengaman Presiden (Paspampres). Sepanjang jalan juga terlihat personel TNI dan Polri berjaga.

Pangkostrad Letjen Edy Rahmayadi menghantarkan Bobby untuk dinikahkan dengan Kahiyang.

Edy yang berada di samping Bobby menyampaikan salam kepada keluarga Jokowi. Di depan Edy dan Bobby, berdiri Jokowi dan Iriana.

"Kami menyampaikan salam taklim menghantarkan calon mempelai pria bernama Muhamad Bobby Afif Nasution," kata Edy.

JK, Megawati Hingga SBY
Kahiyang dan Bobby terlihat berdiri di pelaminan, Wapres Jusuf Kalla (JK) dan istri berkesempatan menyalami pengantin pertama kali.

Disusul kemudian Presiden ke-5 RI Megawati Soekarnoputri dan keluarganya serta sejumlah petinggi PDIP. Terlihat di antaranya Menko PMK Puan Maharani, Guruh Soekarnoputra dan Sukmawati Soekarnoputri serta Kepala BIN Jenderal Budi Gunawan. Mereka kemudian foto bersama.

Presiden ke-6 RI Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) didampingi ibu Ani Yudhoyono serta keluarga menyusul kemudian. Terlihat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) dan istri Annisa Pohan hadir, sementara Edhie Baskoro Yudhoyono (Ibas) datang tak ditemani istrinya karena sedang hamil besar.

Kahiyang dan Bobby terlihat ramah dan semringah menyalami para tamu. Begitu pula Presiden Jokowi dan Ibu Negara Iriana yang berdiri di samping kedua mempelai.

JK membawa hadiah khusus untuk Kahiyang.

"(Kita bawa hadiah untuk Kahiyang) Sarung Bugis," kata Mufidhah Kalla.

Walau prosesi pernikahan Kahiyang-Bobby menggunakan adat Jawa, namun JK mengenakan pakaiaan adat Bugis. Menurutnya ini permintaan Jokowi sendiri.

Pesan Menteri Susi
Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti menghadiri acara pernikahan putri Presiden Joko Widodo (Jokowi), Kahiyang Ayu dengan Muhammad Bobby Nasution. Dia mengucapkan selamat kepada keduanya agar dapat hidup lebih bahagia.

"Saya ucapkan selamat berbahagia kepada kedua mempelai, Kahiyang-Bobby. Hidup baru, menjadi lebih bahagia dan rukun selalu," kata Susi.

Dia sedikit memberikan tips agar kehidupan rumah tangga keduanya langgeng hingga usia tua. Dia meminta Kahiyang-Bobby mengutamakan komunikasi dalam membina hubungan.

"Menghormati, saling menyayangi, dan yang paling penting saling memberikan ruang supaya semua bisa tumbuh sama," tuturnya.

Susi tak lupa juga mengutarakan keutamaan mengkonsumsi ikan. Menurutnya, ketika berkeluarga nanti, menu ikan mesti jadi prioritas agar membuat sehat dan menghasilkan keturunan yang jadi pilar bangsa.

"Oh iya, tentu saja. Menu ikan harus ada dalam prioritas menu keluarga karena sehat dan akan memunculkan anak-anak dari Kahiyang-Bobby dan jadi pilar bangsa," ucap Susi.

Novanto Senyum-senyum
Ketua DPR Setya Novanto turut hadir dalam akad nikah putri Jokowi, Kahiyang Ayu, dengan Bobby Nasution. Seusai prosesi akad, Novanto menyalami kedua mempelai di pelaminan.

Novanto, yang mengenakan setelah jas dan celana hitam, menaiki pelaminan bersama istrinya.

Istri Novanto mengenakan kebaya bernuansa biru. Presiden Jokowi menjadi orang pertama yang mereka salami. Berikutnya Ibu Iriana, kedua mempelai, kemudian orang tua Bobby Nasution.

Saat menyalami Jokowi dan mempelai, Novanto terus tersenyum. Begitupun sang istri.

Veronica Istri Ahok Hadir
Veronica Tan, istri eks Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama, hadir di pernikahan putri Presiden Jokowi, Kahiyang Ayu.

Vero mengenakan kebaya. Kehadirannya bersamaan dengan kedatangan Panglima TNI Jenderal Gatot Nurmantyo dan istri serta rombongan.

Dari kejauhan Jenderal Gatot terlihat menyapa Vero. Dia juga mengajak Vero masuk ke gedung resepsi bersama-sama.

Setelah Vero dan Jenderal Gatot tiba, tidak lama kemudian Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini hadir. Dia langsung masuk ke gedung untuk menyalami pengantin.

Benar-benar Indonesia
Pangkostrad Letjen TNI Edy Rahmayadi menilai pernikahan Kahiyang Ayu-Bobby Nasution sebagai pernikahan yang 'sangat Indonesia'. Soalnya, dua budaya berbeda di Indonesia bisa menjadi satu.

"Pertemuan antara timur dan barat, sehingga benar-benar Indonesia," kata Edy berbeskap hitam di gedung Graha Saba Buana.

Dia mendoakan agar Kahiyang-Bobby menjadi keluarga yang berbahagia. Edy sendiri menjadi bagian dari keluarga Bobby dalam prosesi pernikahan ini.

Edy bahkan ikut mengguyur Bobby dalam prosesi siraman. Soalnya, Edy masih satu marga Batak dengan Bobby.

"Saya kan marga Nasution," kata dia.

Pertemuan budaya yang berbeda ini dia yakini sebagai awal yang baik untuk Kahiyang-Bobby. "Mau suku apa pun, selama saling pengertian, saya yakin akan menjadi pasangan ideal," kata Edy.

Kahiyang adalah putri dari etnis Jawa. Sedangkan Bobby adalah pria Batak dari ayah bermarga Nasution dan ibu bermarga Siregar. Nantinya, Kahiyang akan mendapat marga Siregar.

"(Kahiyang diberi marga) Siregar, tanggal 21 November di Sumatera Utara," kata dia.

Tidak Mewah tapi Bersahaja
Wakil Ketua DPR Fahri Hamzah mengkritik pesta pernikahan putri Presiden Joko Widodo, Kahiyang Ayu, dengan Bobby Nasution. Ketua Umum PPP Romahurmuziy menepis pernyataan Fahri.

Dalam rilisnya kepada wartawan, Romi, yang menghadiri nikahan Kahiyang-Bobby, mengatakan pesta itu sederhana. Kesederhanaan itu, kata Romi, terlihat mulai sajian yang dihidangkan bagi para tamu.

"Makanan-makanan yang disediakan juga jajanan makanan biasa, tidak ada makanan istimewa. Dekorasinya sangat artistik, tidak bermewah-mewah tapi bersahaja," kata Romi.

Romi menilai sebagai orang nomor satu di Indonesia, Jokowi membuat acara pernikahan putrinya dengan sangat proporsional. Dia menegaskan acara itu sederhana.

"Saya melihat apa yang dilakukan seorang Presiden, kedudukannya sebagai orang nomor satu di Republik, masih sangat proporsional," katanya.

Khidmat dalam Kesederhanaan
Chairman CT Corp Chairul Tanjung menghadiri akad nikah putri Presiden Joko Widodo, Kahiyang Ayu.

"Acara pernikahan khidmat, menurut saya cukup sederhana. Acara pernikahannya sangat lancar," kata Chairul Tanjung sembari tersenyum.

Chairul Tanjung datang mengenakan setelan jas didampingi istri tercintanya, Anita Ratnasari, yang cantik mengenakan kebaya merah.

"Untuk kedua mempelai dan keluarga, saya mengucapkan selamat, mudah-mudahan menjadi keluarga yang sakinah, mawadah, warahmah, dan diberikan keturunan yang soleh dan solehah," kata Chairul Tanjung masih sembari tersenyum.

Antrean Tamu MENGULAR
Acara resepsi pernikahan Kahiyang Ayu dan Bobby berlangsung meriah, undangan tampak mengular antre untuk bisa masuk ke dalam area gedung resepsi.

Setiap tamu akan diminta menunjukkan kartu akses masuk. Untuk sesi resepsi pukul 10.30 WIB, kartu akses masuk berwarna hijau.

Setiap kartu hanya bisa digunakan untuk dua orang. Beberapa tamu undangan yang membawa anggota keluarga lebih dari dua orang terpaksa mengalah.

Ada juga tamu yang harus menunggu di luar area gedung karena membawa kartu akses berwarna biru. Sebab, kartu akses berwarna biru diperuntukkan bagi tamu sesi pukul 12.00 WIB.

Suasana di sekitar gedung Graha Saba Buana cerah. Sesekali mendung dan teduh. Sejumlah undangan mulai meninggalkan lokasi resepsi.

Sepanjang Jalan Letjen Suprapto di depan gedung masih ditutup. Bus pengantar tamu dari beberapa kantong parkir masih terus hilir mudik mengantar dan menjemput tamu.

Pengamanan Berlapis
Pengamanan berlapis diterapkan sebelum masuk Gedung Graha Saba Buana, yang akan dijadikan tempat mengikat janji suci pernikahan mereka.

Sejumlah petugas keamanan terutama Pasukan Pengamanan Presiden (Paspampres) sudah berjaga di depan gedung Graha Saba Buana, Kelurahan Sumber, Banjarsari, Solo, Jawa Tengah. Mulai dari pagar pemeriksaan dilakukan.

Lebih dari dua orang petugas Paspampres memeriksa orang yang akan masuk ke dalam gedung. Bermodal batang alat pemindai, mereka mengecek barang bawaan orang yang akan masuk.

Selanjutnya, tamu yang akan masuk harus melewati pintu pemindai (security door) yang dijaga oleh anggota Paspampres. Ada 9 pintu pemindai beserta alat X-Ray yang disediakan. Pemeriksaan berakhir di sana.

Namun, beberapa anggota Paspampres tampak berjaga-jaga di pintu sebelum masuk gedung. (detikcom/sib/wg)


LIHAT JUGA VIDEO DI BAWAH INI

loading...

No comments

Powered by Blogger.