Header Ads

Batak Network - Semua Tentang Batak

Profil Ahmad Taufan Damanik, Ketua Komnas HAM 2017-2020

WARTAGAS.COM - Ahmad Taufan Damanik adalah komisioner baru Komisi Nasional Hak Asasi Manusia (Komnas HAM) periode 2017-2022. Ahmad bersama tujuh orang disahkan oleh Komisi III DPR RI menjadi Komisioner HAM pada 3 Oktober 2017. Dari tujuh nama yang dipilih melalui mekanisme musyawarah mufakat tersebut, salah satunya adalah Ahmad Taufan Damanik.

Profil Ahmad Taufan Damanik, Ketua Komnas HAM 2017-2020
Ahmad Taufan Damanik, Ketua Komnas HAM 2017-2020

Selain dikenal sebagai dosen politik di Fakultas Sosial Ilmu Politik Universitas Sumatera Utara, Taufan juga dikenal sebagai penggiat lembaga non pemerintahan. Dosen aktivis'98' ini juga dikenal sebagai aktivis hak anak. Ia pernah terpilih mewakili Indonesia menjadi komisioner di Komisi Badan Promosi dan Perlindungan Hak Asasi Perempuan dan Anak ASEAN (ACWC).

Pria lulusan SMA 2 Pematangsiantar ini juga dikenal sebagai ketua KKSP Medan, ketua Presidium Koalisi Nasional NGO Pemantau Anak yang sekarang sedang meyiapkan Laporan Komprehensif tentang Pelaksanaan Hak Anak di Indonesia, anggota IFM-SEI, satu organisasi pendidikan anak yang bermarkas di Brussel Belgia.

Profil Ahmad Taufan Damanik, Ketua Komnas HAM 2017-2020
Profil Ahmad Taufan Damanik, Ketua Komnas HAM 2017-2020 - Foto: Facebook

Drs. Taufan Damanik serta seluruh perwakilan negara-negara ASEAN lainnya akan dilantik pada 7 April 2010 di Hanoi ibukota Vietnam.


Ahmad Taufan Damanik, Pimpin Komnas HAM 2017-2020

Setelah resmi menjalankan tugas sebagai komisioner periode 2017-2022, tujuh komisioner Komnas HAM telah menggelar Sidang Paripurna pada Senin 13 November 2017.

Ahmad Taufan Damanik, Ketua Komnas HAM 2017-2020
Jajaran pengurus Komisioner baru Komnas HAM - Foto: Kompas.com

Agenda Sidang Paripurna adalah melakukan pemilihan pimpinan Komnas HAM yang akan menjabat selama dua tahun enam bulan.

Dalam sidang yang berlangsung dari pagi hingga malam tersebut, dihasilkan keputusan komposisi pimpinan Komnas HAM, yaitu Ketua dijabat oleh Ahmad Taufan Damanik dan Wakil Ketua Internal dijabat oleh Hairansyah dan Wakil Ketua Eksternal dijabat oleh Sandra Moniaga.


BACA JUGA: Ini Struktur Komisioner Baru Komnas HAM


Sedangkan di subkomisi, telah diputuskan bahwa Komisioner Pengkajian/Penelitian dijabat oleh Muhammad Choirul Anam dan Komisioner Pendidikan dan Penyuluhan dijabat oleh Beka Ulung Hapsara, sekaligus sebagai Koordinator Subkomisi Pemajuan HAM.

Sedangkan Komisioner Pemantauan dan Penyelidikan dijabat oleh Amirudin Al Rahab sekaligus sebagai Koordinator Subkomisi Penegakan HAM dan Komisioner Mediasi dijabat oleh Munafrizal Manan.

Keputusan itu telah disahkan oleh Sidang Paripurna yang ditutup pada sekitar pukul 21.00 wib.

Selamat kepada pimpinan Komnas HAM, masyarakat menunggu kiprah dan gebrakan Komnas HAM dalam memajukan dan menegakkan HAM.


LIHAT JUGA VIDEO DI BAWAH INI



Laporan: tim
Sumber: berbagai sumber
loading...

No comments

Powered by Blogger.