Header Ads

Batak Network - Semua Tentang Batak

Salam Khas Batak Yang Harus Kita Tahu

WARTAGAS.COM - Suku Batak merupakan salah satu suku bangsa terbesar di Indonesia. Nama ini merupakan sebuah tema kolektif untuk mengidentifikasikan beberapa suku bangsa yang bermukim dan berasal dari Pantai Barat dan Pantai Timur di Provinsi Sumatera Utara. Suku bangsa yang dikategorikan sebagai Batak adalah Toba, Karo, Pakpak, Simalungun, Angkola, dan Mandailing. Batak adalah rumpun suku-suku yang mendiami sebagian besar wilayah Sumatera Utara. Namun sering sekali orang menganggap penyebutan Batak hanya pada suku Toba padahal Batak tidak diwakili oleh suku Toba. Sehingga tidak ada budaya dan bahasa Batak tetapi budaya dan bahasa Toba, Karo, Simalungun dan suku-suku lain yang serumpun.

Salam Khas Batak Yang Harus Kita Tahu
Ilustrasi - Foto: Net


Inilah Salam Khas Batak Yang Harus Kita Tahu

Tiap puak Batak memiliki salam khasnya masing masing. Meskipun suku Batak terkenal dengan salam Horasnya, namun masih ada dua salam lagi yang kurang populer di masyarakat yakni Mejuah juah dan Njuah juah. Horas sendiri masih memiliki penyebutan masing masing berdasarkan puak yang menggunakannya

1. TobaHoras Jala Gabe Ma Di Hita Saluhutna!

2. PakpakNjuah-juah Mo Banta Karina!

3. KaroMejuah-juah Kita Krina!

4. SimalungunHoras banta Haganupan, Salam Habonaran Do Bona!

5. Mandailing dan Angkola Horas Tondi Madingin Pir Ma Tondi Matogu, Sayur Matua Bulung!

Demikian "Salam Khas Batak Yang Harus Kita Tahu" yang kami paparkan. Semoga Bermanfaat. Tuhan Memebrkati. Horas. Jayalah Bangso Batak.


LIHAT JUGA VIDEO DI BAWAH INI




Laporan: Tim
Sumber: Wikipedia
loading...

No comments

Powered by Blogger.