Header Ads

Batak Network - Semua Tentang Batak

Kapal Wisata Rumah Batak Sudah Diuji Coba, Siap Kelilingi Danau Toba

WARTAGAS.COM - Terbuat dari 3 jenis kayu, yakni ingul, meranti dan jior, kapal wisata yang dibangun berbentuk rumah Batak milik Dinas Pariwisata (Dispar) Kabupaten Samosir berbiaya Rp. 2,3 miliar dari APBD Kabupaten Samosir TA 2017, dikerjakan CV. Sumber Rejeki, sudah diuji coba minggu lalu, Jumat (1/12/2017), berlayar di sekitaran pantai Tomok.

Kapal Wisata Rumah Batak Sudah Diuji Coba, Siap Kelilingi Danau Toba
Kapal wisata milik Dinas Pariwisata Kabupaten Samosir sudah tahap finishing, Rabu (6/12/2017). Foto: helbos sitanggang / medanbisnisdaily.com

Dari hasil uji coba, kapal kayu dengan mesin Marine diesel 100 PK (Paarden Kracht)/tenaga kuda itu, berjalan lancar, tidak ada kendala. Mengingat bentuknya seperti rumah Batak.

Hal itu disampaikan konsultan pengawas, Frando Simatupang dari CV. Konsultan Mandiri Teknik, saat ditemui awak media di lokasi pembuatan kapal, di bibir pantai, Desa Tomok Parsaoran, Kecamatan Simanindo, Kabupaten Samosir, Sumatra Utara, Rabu (6/12/2017) sore.

"Jumat lalu, kapal sudah diuji coba dan tidak ada kendala. Kondisi pengerjaan saat ini sudah mencapai 95%, dan melihat kondisi pengerjaan, target akan tercapai sesuai kontrak," terang Frando Simatupang, seperti yang dilansir oleh medanbisnisdaily.com.

Dijelaskannya, saat ini tinggal merapikan lantai, plitur dinding kapal, dan atap berbahan aspal untuk meredam suara..

"Sudah tahap finishing, ini tinggal plitur dinding kapal, merapikan lantai, pemasangan fasilitas di ruang penumpang, dan pemasangan atap yang hari ini akan selesai," jelas Frando.

Sebelumnya, Bupati Samosir Rapidin Simbolon menyampaikan, kapal yang dibangun, berukuran, panjang 21,5 meter, lebar 7,5 meter, tinggi 9 meter dengan ruang penumpang berkapasitas 60 orang, berukuran panjang 10 meter dan lebar 5 meter ini, akan di-launching pada pertengahan Desember 2017.

"Inilah progres pembangunan kapal pesiar Pemerintah Kabupaten Samosir ukuran skala kecil, akan di launching pertengahan Desember. Bagi yang berlibur ke Samosir pada akhir tahun, kami sudah dapat memanjakannya dengan pelayanan dan kemewahan kapal ini," tulis Rapidin Simbolon melaui pesan whatsapp, Selasa (28/11/2017).

Dalam pesan yang disampaikan, Rapidin Simbolon juga menjelaskan, kapal yang dibangun semuanya terbuat dari kayu. Motifnya didesain dengan sentuhan culture Batak.

"Pokoknya mantap. Hayo booking sekarang, jangan sampai Anda nyesel," ucap Rapidin Simbolon.


LIHAT JUGA VIDEO DI BAWAH INI



Laporan: Tim
Sumber: medanbisnisdaily.com
loading...

No comments

Powered by Blogger.