Header Ads

Batak Network - Semua Tentang Batak

Wisata Alam di Pematangsiantar: Pemandian Alam Bah Damanik

WARTAGAS.COM - Bila Anda berkunjung ke Kota Pematangsiantar, tidak asik dan seru rasanya jika tidak singgah atau mengunjungi Pemandian Alam Bah Damanik ini. Dikarenakan selain tempatnya yang berudara sejuk serta airnya yang dingin dan segar membuat kita tidak tahan berlama-lama ingin segera mandi dan berenang. Disekitar pemandian ini juga terhampar banyaknya pohon-pohon besar yang membuat lokasi pemandian ini semakin teduh dan betah untuk berada di pemandian ini.

Wisata Alam di Pematangsiantar: Pemandian Alam Bah Damanik
Salah Satu Titi Penyebrangan Pemandian Alam Bah Damanik - Foto: klikpiknik.com

Jarak tempuh yang dapat Anda rasakan dalam perjalanan dari Medan menuju ke Pemandian Alam Bah Damanik ini berkisar 150 KM dengan waktu 4 jam perjalan menggunakan transportasi darat. Dari pusat Kota Pematangsiantar, Anda dapat mengambil rute ke arah Prapat sampai menemukan pertigaan simpang. Dari pertigaan simpang itu, jika Anda jalan terus akan tembus sampai ke Prapat. Nah, Anda harus belok ke kanan untuk menuju Sidamanik. Dari sini kurang lebih 45 menit lagi waktu perjalanan menuju Pemandian Alam Bah Damanik.

Menurut cerita sejarah, dulu nya tempat ini adalah tempat pemandian Raja Damanik dan seluruh keluarganya. Jadi, sampai saat ini Pemandian Alam Bah Damanik ini masih terjaga keaslian dan kelestariannya. Pemandian Alam Bah Damanik ini sendiri sampai saat ini masih di kelola oleh keturunan Raja Damanik Maka nya tempat ini dinamakan Bah Damanik atau masyarakat sekitar lebih sering menyebutnya Pemandian Aek Manik.

Tidak ada pungutan uang masuk saat Anda berkunjung ke tempat pemandian ini. Hanya saja diharapkan memberikan uang seikhlasnya untuk biaya perawatan dan kebersihan. Karena Pemandian Alam Bah Damanik ini di rawat serta di bersihkan oleh pengelola dengan biaya sendiri. Pemandian Alam Bah Damanik atau Aek Manik, tempatnya sangat indah dan keren. Jika di lihat tempat pemandian ini hanya sebatas sungai yang menyerupai kolam tidak begitu panjang dan luas.
Mengapa dikatakan menyerupai kolam? Pertama air sungai nya berasal dari sebuah mata air, dimana mata air tersebut begitu jernih dan bersih. Serta air nya mengalir begitu sangat pelan seperti bukan sungai biasanya. Maka nya jika di lihat dari kejahuan mirip sebuah kolam renang. Inilah yang menjadikan fenomena alam yang unik di Pemandian Bah Damanik ini.

Fasilitas yang ada di lokasi Pemandian Bah Damanik diantara nya tersedia semacam gubuk atau gazebo untuk tempat duduk-duduk bagi wisatawan, serta tempat berteduh disaat hujan turun. Di lokasi ini Anda dapat melihat ukiran-ukiran gambar yang dibuat sendiri oleh pengelola pemandian. Untuk kedepannya tempat ini harus terus dibenahi fasilitasnya terutama pada penyediaan kamar mandi. Karena memang disini belum ada terdapat kamar mandi yang memadai, hanya saja terdapat tempat untuk mengganti pakaian yang masih sangat sederhana.

Tempat ini juga dekat dengan kawasan wisata Kebun Teh Hitam. Sehingga tempat ini sangat cocok untuk pilihan berlibur Anda bersama pasangan dan keluarga. Karena selain mengisi waktu liburan, Anda juga dapat menikmati udara yang sangat sejuk dan menyehatkan serta akan membuat fikiran Anda lebih fresh selepas liburan di tempat ini. Bagaimana, apakah Anda tertarik untuk mengunjungi tempat Pemandian Alam Bah Damanik atau Aek Manik ini?


LIHAT JUGA VIDEO DI BAWAH INI



Laporan: tim
Sumber: klikpiknik.com
loading...

No comments

Powered by Blogger.