Header Ads

Ajudan Presiden Soekarno, Lettu (Purn) Achmad Soetardjo Wafat Dalam Usia 101 Tahun

WARTAGAS.COM - Ajudan Proklamator Kemerdekaan Republik Indonesia Ir. Soekarno bernama lengkap Letnan Satu (Purn) Achmad Soetardjo kelahiran tahun 1917 itu menghembuskan nafas terakhir dalam usia 101 Tahun, pada hari Senin, 23 Januari 2018, sekitar Pukul 11.05 WIB di Rumah Duka Jl. Slamet Riyadi No. 82 Cantel Kulon, Sragen-Jawa Timur. Alm. Achmad Soetardjo meninggalkan 14 orang anak dan ratusan cucu dan cicit.

Ajudan Presiden Soekarno, Lettu (Purn) Achmad Soetardjo Wafat Dalam Usia 101 Tahun
Ahmad Soetardjo & Istri pada 1 Januari 1959 (foto: Dok. Pribadi Keluarga Eddy Hary Susanto)

Keluarga Ajudan Sang Proklamotor itu tidak kaget lagi atas kepergiannya untuk selamanya, pasalnya Soetardjo sudah lama mengidap penyakit tua, sudah beberapa minggu tidak mau makan, dan jika makan harus lewat selang dan beberapa hari yang lalu, Achmad Soetardjo telah memberi isyarat dan pertanda akan menghadap kepada Sang Pencipta dan tidak bisa diperlambat.

“Bapak sudah lama tidak mau makan. Sudah beberapa minggu ini tidak mau makan, kalaupun makan hanya lewat selang aja. Bahkan 9 (sembilan) hari yang lalu, tepatnya tanggal 15 Januari 2018, Bapak sudah menyampaikan pesan akan menghadap sang pencipta dan tidak bisa diperlambat”, kata Eddy Hary Susanto anak ke-6 dari 14 bersaudara anak Alm. Achmad Soetardjo kepada SatukanIndonesia.com, Selasa, 23 Januari 2018.

Menurut Eddy, Alm. Achmad Soetardjo sebagai seorang prajurit, termasuk pelaku sejarah karena aktif dan ikut mendukung kiprah Presiden Soekarno dalam mengawal kemerdekaan Republik Indonesia.

“Bapak itu tentara hanya sampai pangkat Letnan Satu, namun Bapak mengundurkan diri setelah gestapu tahun 1965”, kata Eddy Hary Susanto yang juga Bendahara Perhimpunan Profesi Likuidator Indonesia (PPLI) tersebut.

Menurut Eddy Hari Susanto, pemakaman akan dilaksanakan pada hari Rabu, 24 Januari 2018 di Pemakaman Keluarga di Sragen, Jawa Timur.

Selamat jalan Sang Ajudan Proklamator RI, jasa dan pengabdianmu tetap kami kenang untuk selamanya. (MTS)


LIHAT JUGA VIDEO DI BAWAH INI



Sumber: satukanindonesia.com
loading...

No comments

Powered by Blogger.