Header Ads

PILGUBSU - Bawaslu Sumut Akan Putuskan Gugatan JR Saragih 3 Maret

WARTAGAS.COM - Badan Pengawas Pemilu Sumatera Utara (Bawaslu Sumut) akan memutuskan perkara gugatan sengketa Pemilihan Gubernur Sumatera Utara (Pilgubsu) 2018 oleh pasangan Jopinus Ramli (JR) Saragih dan Ance Selian pada tanggal 3 Maret 2018.

PILGUBSU - Bawaslu Sumut Akan Putuskan Gugatan JR Saragih 3 Maret
JR Saragih-Ance Selian - Foto: Net

"Nantinya pada 3 Maret 2018 Bawaslu memutuskan perkara gugatan dari JR Saragih," kata Ketua Bawaslu Sumut, Syafrida R Rasahan, Kamis (22/2), seperti yang dilansir oleh Analisadaily.com.

Sebelum pada Selasa (20/2), Bawaslu Sumut telah menggelar sidang perdana gugatan dari JR Saragih (pemohon). Dalam sidang tersebut diagendakan pembacaan permohonan oleh pihak JR Saragih melalui kuasa hukumnya.

Kemudian pada Jumat (23/2) besok, Bawaslu Sumut akan menggelar sidang lanjutan gugatan JR Saragih, yakni mendengar jawaban dari pihak termohon dalam hal ini adalah KPU Sumut.

"Setelah tanggal 23 nanti, kita akan memberikan kesempatan rentang waktu pada tanggal 24 sampai 27 Februari 2018 kepada kedua bela pihak untuk melakukan proses pembuktian dan menghadirkan para saksi maupun ahli dalam proses sengketa ini," jelas Syafrida.

Ketua Bawaslu Sumut, Syafrida R Rasahan - Foto: analisadaily.com

Bawaslu juga berharap, dalam proses itu nantinya bisa membuka seluruh gugatan yang diajukan yang selama ini menjadi pertanyaan masyarakat.

"Dalam rentang waktu itu lah nanti pembuktiannya diuji, apakah permohonan yang diajukan pemohon itu terbukti benar atau tidak dan apakah alasan dari termohon untuk tidak menetapkan paslon itu langkah benar atau tidak," ungkap Syafrida.

Syafrida menjelaskan bahwa apabila dalam rentang waktu itu kedua bela pihak tidak bisa bersepakat, maka bisa menyerahkan keputusan tersebut kepada Bawaslu Sumut.

"Bawaslu nanti bisa memutuskan apakah memenuhi permintaan dari pemohon atau menolak dari permintaan pemohon dan itu akan diputuskan pada 3 Maret 2018 ," pungkasnya.


LIHAT JUGA VIDEO DI BAWAH INI



Laporan: tim
Sumber: analisadaily
loading...

No comments

Powered by Blogger.