Header Ads

Sambut Imlek, Umat Konghucu Beribadah di Kelenteng Tertua di Jakarta

WARTAGAS.COM - Umat Konghucu di Jakarta merayakan Tahun Baru Imlek 2018. Mereka mulai berdatangan ke tempat ibadah, termasuk ke Kelenteng Sin Tek Bio di Jakarta Pusat.

Sambut Imlek, Umat Konghucu Beribadah di Kelenteng Tertua di Jakarta
Umat Konghucu Sembahyang di Kelenteng Sin Tek Bio - Foto: Tsarina Maharani/detikcom

Awak Media menyambangi Kelenteng Sin Tek Bio di Jl Pasar Baru Dalam, Jakarta Pusat, Jumat (16/2/2018) pukul 09.30 WIB. Kelenteng belum terlalu banyak didatangi umat untuk beribadah.

Ketua Kelenteng Sin Tek Bio Santoso Witoyo tampak menyambut para umat yang datang di dekat pintu masuk. Ia menyambut dengan ucapan khas Imlek yang berarti 'selamat tahun baru, mudah rejeki, dan panjang umur'.

Umat Konghucu sembahyang di Kelenteng Sin Tek Bio
Umat Konghucu sembahyang di Kelenteng Sin Tek Bio - Foto: Tsarina Maharani/detikcom

"Kiong hi, kiong hi," ujarnya sambil tersenyum dan mengepalkan tangan menyambut tamu yang hadir untuk beribadah. Tampak para umat khusyuk beribadah. Mereka membakar dupa atau hio, kemudian sembahyang.

Kelenteng ini merupakan kelenteng tertua di Jakarta. Kelenteng Sin Tek Bio berdiri sejak 1698. Saat Imlek, kelenteng ini terlihat cantik dihiasi aneka lampion warna merah dan juga lilin berukuran besar.

"Iya dari sebulan lalu dipasang ini lampion-lampion dan lilin," kata Santoso, seperti dilansir oleh detikcom. (16/2).

Santoso mengatakan, Kelenteng Sin Tek Bio tidak memiliki acara khusus dalam perayaan Imlek tahun anjing kayu ini. Menurutnya, biasanya umat makin ramai datang jelang siang nanti.

Di kelenteng ini umat bisa berdoa di 35 altar. Menurut Santoso, jumlah altar ini adalah yang terbanyak di antara kelenteng lainnya di Jakarta.


LIHAT JUGA VIDEO DI BAWAH INI



Laporan: tim
Sumber: detikcom
loading...

No comments

Powered by Blogger.