Header Ads

Benarkah Mengetik “BFF” di Facebook Membuktikan Aman Tidaknya Akun Kita?

WARTAGAS.COM - Beberapa hari ini ramai beredar postingan di Facebook tentang cara mengecek keamanan sebuah akun Facebook. Dalam postingan tersebut tertulis: “Mark Zuckerberg, CEO Facebook, menemukan kata BFF, untuk memastikan akun anda aman di Facebook. Ketika BFF di komentar, Jika terlihat hijau, akun anda dilindungi. Jika tidak muncul dalam warna hijau, ubah kata sandi anda segera karena mungkin diretas oleh seseorang."

Benarkah Mengetik “BFF” di Facebook Membuktikan Aman Tidaknya Akun Kita?
Facebook - Foto: Facebook

Kontan saja banyak pengguna Facebook yang ramai-ramai mengikuti anjuran postingan tersebut. Hal ini terutama terkait dengan berita yang lagi heboh dengan skandal pencurian 50 juta data pelanggan Facebook oleh Firma analisis data Cambridge Analytica.

Hasilnya, ada yang teks “BFF”-nya memang berwarna hijau, ada pula yang tetap berwarna hitam.

Pertanyaannya, benarkah dengan menulis 'BFF' akan mampu membuktikan aman tidaknya sebuah akun di Facebook?

Jawabannya, itu adalah HOAX atau BERITA PALSU.

Mari kita cari tahu apa sebenarnya arti kata dari BFF

Apa itu BFF?
BFF adalah singkatan dari Best Friend Forever (Sahabat Selamanya)

BFF masuk ke dalam bahasa gaul atau bahasa ABG yaitu ragam bahasa Indonesia nonstandar yang lazim digunakan oleh anak muda. Sintaksis dan morfologi ragam ini memanfaatkan sintaksis dan morfologi bahasa Indonesia (apaarti.com)

Tulisan BFF di status Facebook
Tulisan BFF sama dengan tulisan "Tahniah", "Selamat", "XOXO", “Rad”, “LMAO”, “Thank You So Much”,“Congratulations”, atau kata “You Got This”.

Unttuk mengecek kebenarannya, Anda juga bisa tes langsung dengan mengetiknya di akun Facebook Anda, dan kata-kata itu akan  berubah menjadi warna hijau atau merah.  Perubahan warna tsb sudah disediakan oleh Facebook. Jika kita klik (tekan) kata-kata yang sudah berubah warna tsb, maka akan muncul sesuatu.

Satu lagi, penulisan kata BFF harus huruf besar semua bila ingin warnanya berubah,(Hijau) sedangkan jika Anda tulis Bff atau bff (Ada huruf kecilnya) maka tulisan tidak akan berubah atau berwarna hitam,

Namun, perubahan warna tulisan tidak akan terja, apabila Aplikasi Facebook atau browser Anda belum diupdate alias masih memakai versi yang lama.

Demikian penjelasan dan Jawaban yang bisa kami sampaikan. 

Apabila Anda menemukan Postingan atau kabar di Wall Facebook teman Anda, atau di Group Facebook yang menyuruh untuk mengetik kata BFF karena diingatkan bahwa Akun Facebook Anda pernah dii Hack (diambil) orang lain, dan segera mengganti Pasword Facebook itu adalah tidak benar.

Semua itu adalah HOAX belaka alias Berita Palsu. 

Akun Facebook Anda akan tetap Aman selama Anda masih bisa menggunakannya dan hanya Anda yang tahu Passwordnya.

Dan pesan kami, Anda pun jangan ikut-ikutan sebarin Berita Hoax ttersebut. STOP sebarin Hoax. Semoga bermanfaat. Selamat berinteraksi di Facebook.


LIHAT JUGA VIDEO DI BAWAH INI
Hati-hati Penelpon Penipuan Mengatasnamakan Petugas Grapari Telkomsel, Ini Cara Mengerjainya




WG/Tagar
loading...

No comments

Powered by Blogger.