Header Ads

Kasihan Penenun Ulos ini, Tak Sanggup Beli Alat Tenun Baru Karena Masalah Ekonomi

WARTAGAS.COM - 16 tahun bertenun, dengan memakai alat seadanya, Adelina br. Sianturi memenuhi kebutuhan keluarganya. Namun, alat tenun sudah berumur tua dan sering rusak. Penenun ini pun hanya bisa memperbaikinya, naum tidak maksimal, itu dikarenakan alat sudah rapuh dan tua.

Kasihan Penenun Ulos ini, Tak Sanggup Beli Alat Tenun Baru Karena Masalah Ekonomi
Adelina br. Sianturi sedang menenun ulos dikediamannya, Pematangsiantar, Senin (1/3/2019) - Foto: Tagor Leo / Wartagas.com

Disaat ingin membeli yang baru, hasil yang didapatkan dari menenun tidak sesuai, apalagi iAdelina br. Sianturi ini harus memenuhi kebutuhan ke-8 anak-anaknya. Sementara sang suami cuma bekerja serabutan.

Kasihan Penenun Ulos ini, Tak Sanggup Beli Alat Tenun Baru Karena Masalah Ekonomi
Adelina br. Sianturi - Foto: Tagor Leo / Wartagas.com

Bila Adelina br. Sianturi ini membelikan alat tenun baru, tentu kebutuhan rumah tangga dan keperluan anak-anak tidak bisa terpenuhi. Mau tak mau, alat tenun yang sudah berumur 16 tahun ini pun hanya bisa diperbaiki bila sedang rusak.

Dengan kondisi alat tentun yang rusak, tentunya akan menghasilkan Ulos yang tidak maksimal. Yang seharusnya bisa 10 jadi 5. Meskipun demikian, Adelina br. Sianturi tetap memakai alatnya meski dalam keadaan tidak layak pakai. Yang terpenting masih bisa menghasilkan Ulos dan uangnya bisa memenuhi kebutuhan sehari-hari dan biaya sekolah anak-abak.

Pada kesempatan ini, barangkali ada pembaca / penonton yang budiman yang mau menyumbangkan dananya, untuk membantu meringankan beban penenun ulos ini sangat dibutuhkan. Barangkali ita bersama-sama bisa membantu dan akan menyalurkan langsung kepada keluarga Penenun Uos ini.

Lihat Video Liputannya di bawah ini



Laporan: Tagor Leo Sitohang
loading...

No comments

Powered by Blogger.