Header Ads

Menilik Kecantikan Rinawati Sianturi, Anggota DPRD Sumut yang Ditetapkan KPK sebagai Tersangka

WARTAGAS.COM - Rinawati Sianturi, anggota DPRD Sumatera Utara periode 2014-2019 dari Fraksi Hanura, salah satu nama dari 38 anggota dan mantan anggota DPRD Sumut yang ditetapkan KPK sebagai tersangka atas kasus dugaan suap mantan Gubernur Sumut Gatot Pujo Nugroho.

Menilik Kecantikan Rinawati Sianturi, Anggota DPRD Sumut yang Ditetapkan KPK sebagai Tersangka
Rinawati Sianturi, anggota DPRD Sumatera Utara periode 2014-2019 dari Fraksi Hanura - Foto: Ist

Penetapan itu sesuai dengan surat yang beredar dengan nomor B/227/DIK.00/23/03/2018 perihal pemberitahuan itu ditujukan kepada Ketua DPRD Sumut.

Mereka menjadi tersangka terkait fungsi dan kewenangan mereka selaku anggota DPRD Sumut Periode 2009 sampai dengan 2014 dan periode 2014 sampai dengan 2019 sebagaimana dimaksud dalam pasal 12 huruf a dan huruf b atau pasal 11 UU No.31 Tahun 1999 tentang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi Sebagaimana telah diubah dengan UU No. 20 Tahun 2001 tentang Perubahan atas UU No.31 Tahun 199 tentang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi Jo Pasal 64 ayat (1) dan pasal 55 ayat (1) ke-1 KUHP.

Surat tersebut ditandatangani oleh Deputi Penyelidikan KPK, Aris Budiman pada 29 Maret 2018.

Rinawati Sianturi dan sang suami, Samsudin Siregar, anggota DPR RI Fraksi Hanura
Rinawati Sianturi dan sang suami, Samsudin Siregar, anggota DPR RI Fraksi Hanura. - Foto: Facebook.com/Rinawati Sianturi

Terkait hal itu, Wakil Ketua KPK Saut Situmorang membenarkan surat tersebut.

"Benar itu," kata Saut kepada Tribun-Medan.com melalui aplikasi WhatsApp, Jumat (30/3/2018).

Terkait penetapan status tersangka ke 38 anggota dan mantan anggota DPRD Sumut tersebut atas tindak lanjut pemeriksaan KPK pada 2016 lalu.

Saat pemeriksaan kala itu, istri dari Anggota DPR RI dari Fraksi Partai Hanura, Samsudin Siregar ini hanya melempar senyum usai diperiksa penyidik Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) di Mako Brimob Jl KH Wahid Hasyim, Medan, Sumut.

Saat ditanya mengenai hasil pemeriksaan dirinya, wanita cantik berkulit putih ini enggan berkomentar.

"Tanya sama penyidik sajalah ya. Pertanyaannya ya begitu juga," kata Rinawati sembari naik ke atas mobil Kijang Inova BK 1778 K, Kamis (23/6/2016) lalu.

Ia mengatakan, apa yang ditanyakan penyidik KPK telah dijawab.

Adik ipar dari calon Bupati Simalungun periode tahun 2015-2020 Tumpak Siregar ini enggan menjelaskan apa saja isi materi pertanyaannya.

"Semua yang ditanya, pokoknya saya jawab. Apa yang mereka tanyakan, saya beri tahu," ungkap Rinawati kala itu.

Tak lama berbincang, Rina yang sudah berada di dalam mobil pamit undur diri.

Istri Samsudin Siregar yang asal dari Perdagangan Kabupaten Simlaungun ini tetap tidak memberi tahu apa saja yang ditanyakan penyidik KPK kepada dirinya.

"Karena semua sudah saya jawab, jadi saya pamit dulu ya. Tanya ke KPK nya ajalah ya," ungkap kader Hanura ini kemudian pergi meninggalkan Mako Brimob.

Sementara itu, saat keluarnya nama-nama 38 anggota dan mantan DPRD Sumut sebagai tersangka, Ketua DPRD Sumut Wagirin Arman tidak ingin berkomentar.

Dia mengaku belum memeroleh surat itu.

"Begini, kalau masih cerita-cerita, fotokopi, saya tidak mau komentar. Itu biasanya kalau KPK menetapkan tersangka anggota saya, itu nanti ada surat resmi sampai ke saya. Ini kan masih informasi kalian itu ada fotokopi beredar, itu saya belum mau komentar," kata Wagirin.

Menilik Kecantikan Rinawati Sianturi, Anggota DPRD Sumut yang Ditetapkan KPK sebagai Tersangka
Rinawati Sianturi (kanan) - Foto: Facebook.com/Rinawati Sianturi)

"Saya kan belum masuk kantor. Nanti Senin saya masuk kantor, baru saya check," sambungnya.

Berdasar penggalan foto surat KPK yang beredar tersebut, 38 anggota dan mantan anggota DPRD Sumut yang jadi tersangka baru kasus suap Gatot adalah Rijal Sirait, Rinawati Sianturi, Rooslynda Marpaung, Fadly Nurzal, Abu Bokar Tambak, Enda Mora Lubis, M. Yusuf Siregar.

Muhammad Faisal, Abul Hasan Maturidi, Biller Pasaribu, Richard Eddy Marsaut Lingga, Syafrida Fitrie, Rahmianna Delima Pulungan, Arifin Nainggolan, Mustofawiyah, Sopar Siburian, Analisman Zalukhu, Tonnies Sianturi, Tohonan Silalahi, Murni Elieser, Dermawan Sembiring.

Kemudian Arlene Manurung, Syahrial Harahap, Restu Kurniawan, Washington Pane, John Hugo Silalahi, Ferry Suando, Tunggul Siagian, Fahru Rozi, Taufan Agung Ginting, Tiaisah Ritonga, Helmiati, Muslim Simbolon, Sonny Firdaus, Pasiruddin Daulay, Elezaro Duha, Musdalifah dan Tahan Manahan Panggabean.[*]


LIHAT JUGA VIDEO DI BAWAH INI
Inilah Vihara Avalokitsvara (Patung Dewi Kwan Im) Siantar Jelang Tradisi Ceng Beng




Sumber: tribun-medan.com
loading...

No comments

Powered by Blogger.