Header Ads

Paten Kali Siantar Bakal Punya Pusat Pendidikan Pariwisata

WARTAGAS.COM - Kota Siantar segera memiliki Pusat Pendidikan Pariwisata bernama Toba Hospitality Institute (THI). Direncanakan THI akan berdiri pada Mei 2018 mendatang.

Paten Kali Siantar Bakal Punya Pusat Pendidikan Pariwisata
Foto bersama FGD kompetensi SDM Pariwisata Danau Toba - Foto: ist/metro24jam.com

THI didirikan dua lembaga yang bergerak di bidang pendidikan, yakni Willy Toisuta and Assosiate (WTA) Jakarta yang merupakan salah satu konsultan pendidikan ternama dari Jakarta serta Sopo Helios, sebuah lembaga pendidikan bimbingan belajar di Kota Siantar.

Melansir dari Siantar 24 Jam, Rabu (28/2/2018) sore, Eka Simanjuntak dari WTA menjelaskan, latarbelakang pihaknya menginisiasi pendirian pusat pendidikan dan keterampilan bidang pariwisata di Kota Siantar mengingat kota ini secara topografi berdekatan dengan Danau Toba.

Saat ini, kata Eka, dalam rangka pengembangan ekonomi di sektor pariwisata, pemeintah telah menetapkan Kawasan Danau Toba menjadi salah satu tujuan wisata nasional dan untuk merealisasikan hal itu telah dibentuk Badan Pelaksana Otorita Danau Toba (BPODT).

Dalam rangka menyambut program pengembangan ekonomi di sektor pariwisata ini, sambungnya, dibutuhkan sumber daya manusia (SDM) terampil dan profesional.

“Saat ini memang banyak tenaga SDM di bidang pariwisata namun sangat sedikit yang terampil dan profesional,” ujarnya.

Agar terlahir tenaga terampil di bidang pariwisata, kata Eka, di THI telah dirancang kurikulum berbasis pengetahuan modern sesuai kebutuhan dunia wisata saat ini.

Misalnya, untuk profesi House Keeping yang bekerja di sebuah hotel selain diberi pelatihan keramah-tamahan juga akan diberi keterampilan pengetahuan produk serta ketrampilan mengatasi masalah serta keterampilan berbahasa Inggris Perhotelan.

Disebutkannya, di THI juga akan diberikan keterampilan pada pelatih jumping untuk melatih wisatawan memanfaatkan kondisi terjal sekitar Danau Toba.

Nantinya, THI menawarkan pemberian pelatihan keterampilan pariwisata kepada masyarakat umum yang berkeinginan berkompetensi di bidang jasa pariwisata serta lembaga profesional di bidang pariwisata seperti perhotelan dan jasa wisata.

Dikatakan Eka, pihaknya akan menerjunkan instruktur profesional dan berpengalaman sebagai tenaga pelatih di THI.

Sementara itu, sekaitan dengan rencana pendirian THI di Kota Siantar, WTA dan Sopo Helios telah menyelenggarakan menyelenggarakan Focus Group Discusion (FGD).

Menurut Dirut THI, Yanes Sidabutar, FGD bertujuan merumuskan kompetensi SDM pariwisata Danau Toba.

“Peningkatan kapasitas tersebut meliputi peningkatan karakter kerja dan kemampuan berbahasa asing serta diperlukan pengondisian dan penyiapan masyarakat untuk program pengembangan Danau Toba sebagai daerah tujuan wisata,” terangnya.

Artikel ini telah tayang di news.metro24jam.com dengan judul: "Siantar Bakal Punya Pusat Pendidikan Pariwisata"


LIHAT JUGA VIDEO DI BAWAH INI



Sumber: metro24jam.com
loading...

No comments

Powered by Blogger.