Header Ads

SBY Ingatkan Jokowi akan Adanya Batu Sandungan

WARTAGAS.COM - Ketua Umum Partai Demokrat, Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) mengingatkan Presiden Joko Widodo mewaspadai persoalan ekonomi jelang Pemilu 2019. SBY menilai permasalahan ekonomi di Indonesia dapat menjadi batu sandungan Jokowi yang akan kembali mengikuti pemilihan presiden tahun depan.

Jokowi buka Rapimnas Demokrat di Sentul, Bogor - Foto: Poskotanews.com

Kepada Jokowi, SBY mengaku pernah merasakan gejolak ekonomi yang berimbas pada penurunan tingkat keterpilihan. Pada 2008 SBY yang saat itu menjabat Presiden akan mengikuti Pilpres 2009 untuk mempertahankan jabatan presiden. Namun krisis global pada 2008 memaksanya membuat kebijakan yang tidak populer, yakni menaikkan harga BBM. Kebijakan itu, dikatakan SBY berdampak tingkat elektabilitasnya menurun tajam.

“Ada krisis global yang memukul ekonomi semua negara. Harga minyak meroket hingga menyentuh 150 dolar per barel. Salah satu keputusan pahit yang kami ambil dulu pada mei 2008 harga BBM pemerintah naikkan setinggi Rp1.500. Kenaikan ke 3 dari empat kali kenaikan harga bbm yang kami lakukan. Akibatnya elektabilitas saya sebagai calon presiden jatuh, turun lebih dari 10 persen menjadi 43 persen,” saat Rapat Pimpinan Nasional (Rapimnas) Partai Demokrat 2018 digelar di Sentul Internasional Convention Center (SICC), Sentul, Bogor, Jawa Barat, Sabtu (10/3/2018), seperti yang diberitakan oleh Poskotanews.com.

Saat itu SBY mengaku tertolong dengan harga minyak yang turun yang berimbas pada turunnya harga BBM. SBY juga mengklaim mampu membawa Indonesia melewati krisia global saat itu. Diketahui pada Pemilu 2009 SBY memenangi pemilihan presiden untuk kedua kalinya.

“Namun alhamdulillah Allah menolong Indonesia harga minyak yang tadinya meroket tiba2 menurun. Sehingga bisa menahan inflasi yg tidak perlu dan akhirnya indoensia selamat dari krisis ekonomi global,” tandas SBY.

Presiden ke-6 RI itu juga berharap Presiden Jokowi mampu melewati rintangan dan tekanan ekonomi yang mungkin terjadi menjelang Pemilu 2019. “Saya mendoakan andaikata ada tekanan ekonomi dari tingkat dunia kawasan di pemerintahan yang dipimpin Pak Jokowi akan bisa mengelola dengan baik. Kalau dulu kami bisa insya Allah bapak dengan para menteri pembantu bapak akan bisa mengelolanya,” pungkas SBY. [*]


LIHAT JUGA VIDEO DI BAWAH INI



Sumber: Poskotanews.com
loading...

No comments

Powered by Blogger.