Header Ads

Yuk SImak Bersama, Inilah Daftar 10 Pasukan Elite Paling Mematikan di Dunia Saat Ini

WARTAGAS.COM - Pasukan khusus dibentuk untuk melindungi negara dari ancaman bahaya di dalam negeri maupun luar negeri. Mereka dilatih dengan keras dan disiplin. Dilengkapi senjata terbaik dan diterjunkan untuk menjalankan misi-misi yang tak akan mampu dilakukan unit-unit reguler.

Yuk SImak Bersama, Inilah Daftar 10 Pasukan Elite Paling Mematikan di Dunia Saat Ini
Navy Seal. - Foto: Merdeka.com

Berdasarkan Rankred, berikut 10 pasukan elite yang disebut paling berbahaya saat ini:


10. GSG 9 Jerman

Kelompok Perlindungan Perbatasan 9 atau GSG 9 mulai bertugas pada 17 April 1973, sebagai unit kontra-terorisme dan operasi khusus Jerman. Banyak negara yang meniru pola pendidikan dan operasi GSG ini.

Mereka berhasil menyelamatkan warga Jerman dari sekelompok teroris bernama Gerakan September Hitam menyusup ke Olimpiade Musim Panas yang diadakan di Munich, Jerman Barat.

Hingga saat ini diperkirakan GSG9 pernah melakukan sekitar 1.500 misi khusus. Pada tahun 2005, mereka memenangkan tantangan SWAT World. Komandan Polisi Israel pernah memuji unit ini sebagai pasukan antiteror terbaik dunia saat melihat mereka beraksi di lapangan.


9. JW GROM Polandia

JW GROM adalah unit kontra-terorisme dari Polandia. GROM yang artinya guntur, adalah salah satu dari lima unit pasukan operasi khusus dari Angkatan Bersenjata Polandia. Mereka mulai aktif pada 13 Juli 1990, dan ditempatkan pada berbagai operasi khusus.


8. Sayeret Matkal Israel

Sayeret matkal adalah pasukan khusus Pasukan Pertahanan Israel (IDF). Kondisi negaranya yang selalu berada dalam ketegangan membuat unit ini terus berlatih menjadi yang terbaik. Mereka punya kemampuan menyusup ke belakang garis lawan, mengumpulkan data intelijen hingga diterbangkan ke seluruh dunia untuk menjalankan misi khusus.

Salah satu misi tersukses mereka adalah membebaskan sandera yang ditahan di Bandara Entebbe, Uganda pada tahun 1976.


7. JTF2 Kanada

Joint Task Force 2 (JTF2) adalah pasukan khusus Kanada. Misi mereka diawali pada 1993 untuk operasi kontra-terorisme. JTF2 terlibat dalam banyak misi sejak dibentuk. Aksi mereka yang paling menonjol adalah perang Afghanistan 2001 dan Irak pada 2006.

Yuk SImak Bersama, Inilah Daftar 10 Pasukan Elite Paling Mematikan di Dunia Saat Ini
Spetznaz - Foto: Merdeka.com


6. Special Air Service Regiment (SASR) Australia

Resimen Pelayanan Udara Khusus Australia menyusul para pendahulunya untuk menjadi yang terbaik di dunia. Mereka terus mengembangkan kemampuan di bidang antiteror dan peperangan asimetris.

Secara berkala pasukan ini berlatih dengan Kopassus TNI AD. Mereka juga memuji kemampuan tempur Kopassus di gunung hutan.


5. Delta Force Amerika Serikat

Delta Force, yang juga dikenal sebagai Detasemen Operasional Khusus Pertama (1st SFOD-D) adalah unit antiteror AS yang sudah melegenda. Mereka dipilih dari prajurit terbaik seluruh AD AS. 'D-boy,' begitu para anggotanya sering disapa.

Delta Force dibentuk pada tahun 1977, setelah maraknya serangan teroris besar pada tahun 1970-an. Mereka terus mengembangkan kemampuan mereka di bidang antiteror dan intelijen tempur.


4. Alpha Group Rusia

Alpha Group, atau Alfa, yang secara resmi dikenal dengan nama Direktorat A dari FSB Special Purpose Center (TSSN FSB), adalah unit elit pasukan khusus Rusia. Mereka adalah satuan tugas kontra-terorisme khusus dari Federal Security Service (FSB) Rusia, yang dibuat oleh KGB Soviet pada tahun 1974.

Dikenal brutal dan agresif dalam aksinya membuat pasukan ini ditakuti oleh lawan-lawan mereka.


3. Shayetet 13 Israel

Selain Sayeret Matkal, Israel memiliki Shayetet 13 yang sudah melegenda. Mereka bisa disamakan dengan Navy Seals di AS dan Special Boat Service milik Inggris.

Dibentuk pada tahun 1948, Shayetet 13 memiliki kemampuan dalam serangan darat hingga laut, tindakan anti-terorisme, sabotase, pengumpulan intelijen maritim, dan aksi penyelamatan sandera maritim
.
Yuk SImak Bersama, Inilah Daftar 10 Pasukan Elite Paling Mematikan di Dunia Saat Ini
Navy SEAls - Foto: Merdeka.com


2. Navy SEALs Amerika Serikat

Kelompok Pasukan Khusus Amerika ini dibentuk pada tahun 1962. Mereka dibentuk sebagai bagian integral dari Komando Pasukan Khusus Angkatan Laut. Banyaknya konflik yang diikuti AS membuat satuan ini terus mengembangkan diri. Kini hampir seluruh misi khusus AS di Timur Tengah dan daerah konflik lainnya dilakukan oleh Navy Seals.


1. SAS Inggris

Special Air Service (SAS) adalah militer khusus yang tertua dan terbaik Inggris. SAS didirikan pada tahun 1941, pertama dibentuk sebagai resimen, namun kemudian sebagai korps. Sejak awal kehadirannya, mereka langsung melakukan misi-misi khusus.

Resimen SAS memiliki empat skadron operasional: A, B, D dan G. Setiap skadron terdiri dari kurang lebih 65 orang yang dipimpin oleh seorang mayor. Selanjutnya dibagi menjadi empat unit, yang masing-masing dipimpin oleh seorang kapten.

Banyak pasukan elite meniru SAS. Termasuk Kolonel Charles Bekwith yang saat itu pernah berlatih dengan SAS, kemudian mendirikan Delta Force di AS.


LIHAT JUGA VIDEO DI BAWAH INI
Usai diperiksa JR Saragih memberikan pernyataan di depan massa pendukung




Sumber: Merdeka
loading...

No comments

Powered by Blogger.