Header Ads

Hasil Kongres Umat Islam Sumut: Untuk Pilkada Dukung Paslon Sesama Muslim & Pilpres Dukung. . . !

WARTAGAS.COM - Kongres Umat Islam Sumatera Utara (Sumut) berakhir digelar pada Minggu (1/4/2018) yang di mulai sejak Jumat (30/3/2018).

Hasil Kongres Umat Islam Sumut: Untuk Pilkada Dukung Paslon Sesama Muslim & Pilpres Dukung. . . !
Pembacaan hasil Kongres Umat Islam Sumut di Asrama Haji Jalan AH Nasution, Medan,Sumut, Minggu (1/4/2018) - Foto: tribun-medan.com

Melansir dari Tribun Medan (2/4), Dari hasil kongres menghasilkan empat point keputusan, yaitu: Ukhuwah, Penguatan Peran Politik Umat Islam, Penguatan Sosial Ekonomi Umat Islam, dan Penguatan Peran Wanita Islam.

Keputusan ini dibacakan oleh Pimpinan Sidang sekaligus Ketua Kongres Umat Islam Sumut Masri Sitanggang yang didampingi 37 ormas Islam di Asrama Haji Jalan AH Nasution, Medan, Sumut, Minggu (1/4/2018).

Hasil kongres menyerukan agar umat Islam memilih kepala daerah atau kepala negara sesuai kriteria Al Quran dan Sunnah.

Yang menegaskan akan mendukung pasangan calon dari latar belakang agama Islam dan Islam atau sesama muslim pada kontestasi politik mendatang.

"Yakni memenangkan pasangan calon muslim dan muslim," kata Masri.

Hasil Kongres Umat Islam Sumut: Untuk Pilkada Dukung Paslon Sesama Muslim & Pilpres Dukung. . . !
Ketua Umum PBB Yusril Ihza Mahendra saat mengisi Kongres Umat Islam Sumut di Asrama Haji Medan Jalan AH Nasution, Jumat (30/3/2018). - Foto: medan.tribunnews.com / Nanda F Batubara

Masri juga mengajak umat Islam untuk berperan aktif dalam perpolitikan, baik untuk dipilih maupun memilih.

"Baik untuk Pilgub Sumut maupun pemilihan bupati dan wali kota, Kongres menegaskan hanya akan mendukung pasangan muslim dengan muslim," tegas Masri.

Keputusan tersebut menurut Kongres mengacu pada akidah atau Alquran dan Sunnah.

Pertimbangan kesamaan agama menjadi prioritas utama bagi pemilih Islam dalam menentukan pilihan.

Setelah itu masuk kepada pertimbangan lainnya seperti integritas, kompetensi, dan sebagainya.

Hasil Kongres Umat Islam Sumut: Untuk Pilkada Dukung Paslon Sesama Muslim & Pilpres Dukung. . . !
Pembukaan Kongres Umat Islam Sumut di Asrama Haji Medan Jalan AH Nasution, Medan, Jumat (30/3/2018). - Foto: Tribun Medan/Nanda

Untuk pemilihan legislatif dan pemilihan presiden 2019, hasil kongres menyebutkan hanya akan mendukung calon dari partai yang memperjuangkan nilai-nilai Islam.

Sebaliknya, partai yang ikut mendukung penista agama serta Perpu Ormas calon-calonnya tidak akan dimenangkan.

Mereka juga menyerukan umat Muslim agar tidak memilih partai-partai yang mendukung kasus penista agama, serta undang-undang organisasi kemasyarakatan (Ormas).

Di sisi ekonomi, Masri juga mengajak umat Islam untuk membuka usaha berbadan syariah. Di antaranya minimarket dan home industri. Termasuk mengkomsumsi produk-produk yang telah memiliki sertifikat halal.

Hasil kongres juga mengajak para orangtua untuk mendidik dan mendampingi anggota keluarga agar terhindar dari bahaya narkoba, pornografi, LGBT, dan pergaulan bebas. Mereka juga akan membentuk Laskar Mujahidah Sumut (LMS).

"Hasil keputusan juga mengusulkan membentuk Badan Musyawarah Organisasi Islam Wanita Indonesia (BMOIWI) sebagai wadah menjalin silahturahmi antarorganisasi sesama muslimah," kata Masri.

Hasil Kongres Umat Islam Sumut: Untuk Pilkada Dukung Paslon Sesama Muslim & Pilpres Dukung. . . !
Kongres umat Islam Sumatera Utara dihadiri ribuan pengunjung, di Asrama Haji, Jalan AH Nasution, Medan, Jumat (30/3/2018). - Foto: tribun-medan.com / M Fadli

Sebelumnya, Kongres umat Islam Sumatera Utara di hari pertama, mendapat respons positif dari masyarakat baik yang berada di Kota Medan, maupun dari daerah lain di Provinsi Sumatera Utara.

Acara pembukaan berlangsung sekitar pukul 16.00 WIB, dengan pembicara kunci nasional yaitu Yusril Ihza Mahendra, Amin Rais, Kivlan Zein, Rizal Ramli, dan Bachtiar Chamsyah.

Pantauan Wartawan di lokasi, kaum ibu-ibu kompak mengenakan hijab berwarna kuning.

Hujan yang mulai turun di seputaran lokasi tidak menurunkan semangat masyarakat untuk menghindari kongres.

Peserta, Hj Khairani mengatakan, sengaja datang dari Labuhanbatu untuk dapat pengetahuan baik tentang agama maupun yang lain.

Hasil Kongres Umat Islam Sumut: Untuk Pilkada Dukung Paslon Sesama Muslim & Pilpres Dukung. . . !
Peserta mendaftarkan kehadiran ke panitia Kongres umat Islam Sumatera Utara di Asrama Haji, Jalan AH Nasution, Medan, Jumat (30/3/2018). Foto: tribun-medan.com/ M Fadli

"Ini kan merupakan acara pertama di Sumatera Utara, jadi saya kepengin hadir dan menyaksikan langsung, karena ini merupakan panggilan Allah SWT juga. Saya datang bersama keluarga (suami dan anak-anak), Alhamdulillah sangat ramai yang datang," ujarnya.

Sebelum acara dimulai, peserta dihibur dengan nyanyian religi.

Untuk para peserta yang baru tiba di lokasi, panitia mengarahkan untuk mengisi daftar hadir di dalam gedung UPT Asrama Haji Embarkasi Medan.

Peserta yang sudah mendaftar diberi snack dan surat kabar harian Tribun Medan.

Tidak hanya snack, konsumsi seperti makanan dan minuman juga disediakan oleh panitia. [*]


LIHAT JUGA VIDEO DI BAWAH INI
Ara: Tolak Radikalisme dan Terorisme di Sumut




Sumber: tribun-medan.com
loading...

No comments

Powered by Blogger.