Header Ads

Israel Jadi Negara Pertama Operasikan Jet Siluman Termahal

WARTAGAS.COM - Israel menjadi negara pertama yang mengoperasikan jet tempur siluman termahal sekaligus tercanggih, F-35 Adir seharga Rp1,8 triliun per unit. Angkatan Udara Israel lewat akun Twitter-nya menyatakan mereka telah mengerahkan F-35 'Adir' buatan pabrik pesawat Amerika Serikat Lockheed Martin dalam sebuah misi tempur, Rabu (23/5).

Israel Jadi Negara Pertama Operasikan Jet Siluman Termahal
Israel menjadi negara pertama yang mengoperasikan jet tempur siluman termahal sekaligus tercanggih, F-35 Adir seharga Rp1,8 triliun per unit. - Foto: Dok. U.S. Navy photo courtesy Lockheed Martin / cnnindonesia.com

Komandan Angkatan Udara Israel Mayor Jenderal Amikan Norkin mengatakan Israel menjadi negara pertama yang mengoperasikan pesawat siluman generasi kelima itu yang disebut teknologi pertahanan termahal saat ini.

"Kami telah menerbangkan F-35 ke seluruh wilayah Timur Tengah. Pesawat tersebut telah menjadi bagian dari kapabilitas operasional kami," kata Norkin dalam konferensi pejabat senior Angkatan Udara Israel (IAF) di Herzliyam Rabu (23/5).

"Israel menjadi yang pertama menggunakan F-35 di Timur Tengah untuk menyerang. Kami telah menyerang dua target berbeda menggunakan pesawat itu," lanjutnya seperti dikutip Jerusalem Post.

Norkin membeberkan sejumlah foto yang menunjukkan sebuah F-35 tengah mengangkasa di langit Beirut, Libanon, meski tak merinci kapan foto itu diambil.

Dikutip CNN, pesawat tempur serbaguna itu memiliki kemampuan siluman dengan kecepatan supersonik, kelincahan, dan teknologi sensor paling canggih. F-35 disebut sebagai masa depan penerbangan militer dan sistem senjata paling mahal saat ini.

Israel membeli 50 pesawat canggih itu dari AS sebagai bagian dari perjanjian militer kedua negara. Pembelian dilakukan dalam beberapa tahap. Pada tahap pertama, Israel membeli 19 F-35 dengan harga US$125 juta (sekitar Rp1,8 triliun) per unit.

Israel memboyong 14 jet dengan harga US$112 juta (sekitar Rp1,6 triliun) per unit pada tahap kedua. Harga F-35 diperkirakan turun menjadi sekitar US$80 juta (sekitar Rp1,13 triliun) pada tahap ketiga pembelian pada 2020 mendatang. Angkatan Udara Israel diperkirakan akan memiliki 50 pesawat F-35 Adir pada 2024. [*]


LIHAT JUGA VIDEO DI BAWAH INI
#LakeToba - Vidio Detik-detik Kapal Ferry Berlabuh di Ajibata Parapat





Sumber: cnnindonesia.com
loading...

No comments

Powered by Blogger.