Header Ads

Marga Adalah Identitas Pribadi Orang Batak Yang Paling Utama

Marga Adalah Identitas Pribadi Orang Batak Yang Paling Utama


Oleh: Batak Network

Horas. Anda mungkin pernah mendengar sebuah kalimat atau istilah "Cinta dimulai dari Pandangan Pertama". Bagi sebagian orang tentu hal itu ada benarnya. Tetapi bagi orang batak, penggunaan istilah tsb bisa tidak tepat bahkan sangat bertentangan. Alasannya karena Cinta itu dimulai dari perkenalan dengan memberitahukan marganya. So... bila Anda adalah keturunan orang batak, jangan sekali-sekali berkenalan dengan lawan jenis tidak menyebutkan marga Anda. Karena Marga itu adalah sebuah Identitas bagi kita keturunan orang batak.

Di bawah ini, kami mencoba memaparkan Turi-turian tentang Pentingnya Marga bagi Orang Batak. Karena "Marga Adalah Identitas Pribadi Orang Batak Yang Paling Utama"

"Tanpa identitas, hidup sia-sia."

Batak merupakan suku yang berasal dari Provinsi Sumatera Utara (Sumut), Indonesia.

Hingga sekarang, orang Batak selalu menjunjung tinggi adat istiadat kebudayaanya terutama MARGA (klan / Fam). Setiap ada dua orang Batak bertemu, pasti menanyakan marganya apa. Kira-kira, kenapa ya itu begitu penting?

Inilah Alasan Bahwa Marga Adalah Identitas Pribadi Orang Batak Yang Paling Utama

1. Marga Menandakan Silsilah Keturunannya.
Bagi orang Batak, marga menunjukkan ia berasal dari silsilah keturunan yang mana. Silsilah keturunan ini sangatlah penting karena merupakan sebagai identitas diri dalam pergaulan, serta etika dan tata krama dalam memanggil seseorang (bila satu marga).

2. Marga Sebagai Bukti Penerus Keturunan.
Bila kita melihat budaya yang ada di mana pun, sepertinya adat istiadatnya hampir sama di berbagai daerah. Bagi orang Batak, marga identik dengan Laki-laki. Marga bagi anak laki-laki Batak sangatlah diutamakan, ini dikarenakan bahwa si laki-laki akan meneruskan marga dari keluarganya. Dalam hal ini, wanita batak ketika menikah dan memiliki anak dari suaminya (pria batak), maka anak tsb akan memakai marga suaminya. Meskipun demikian, perempuan batak (istri) harus dihormati karena perannya sebagai boru (perempuan yang wajib dihargai).

3. Marga Bisa Membuat Kita Akrab Satu Sama lain.
Dengan mengenal marga seseorang, orang Batak jadi akrab. Melalui marga, orang Batak dapat menemukan saudara seketurunannya baik itu sesama laki-laki ataupun perempuan. Seorang perempuan Batak akan dengan senahg hati bila bertemu dengan satu marga dengannya, Alasannya adalah perempuan batak ini merasa bertemu dengan saudara kandung atau orang tuanya (laki-laki). Perempuan merasa punya pelindung dikala jauh dari orang tuanya. Oh iya, Perempuan biasanya dipanggil BORU. Laki-laki yang satu marga dengan perempuan ini akan disebut Mariboto (Ito) atau saudara semarga. Dan yang mariboto tidak diperbolehkan untuk menikah.

4. Marga Membuat Kita Tenang dan Aman di Perantaun.
Orang batak biasanya suka merantau. Atau bepergian ke daerah lain untuk mencari sebuah kehidupan baru atau lebih sederhana pekerjaan. Biasanya, orang kita batak bila sudah mendapatkan pekerjaan tetap dan telah mapan di tempat perantauannyam, maka akan menetap ditempat tsb.

Inilah yang menjadi alasan kenapa orang Batak suka merantau. Merantau adalah kebiasaan orang Batak. Namun mereka tidak pernah takut kemanapun. Kenapa? Karena jika di tempat baru mereka menemukan marga yang sama, mereka akan ditolong oleh orang tersebut, sekalipun baru kenal.

5. Marga Bisa Menentukan Jodoh
Seperti yang kami katakan diatas, bahwa Cinta datang bukan karena pandangan pertama, melainkan karena saling memberitahukan marganya apa. Maksudnya disini adalah, ketika seseorang bertemu dengan lawan jenisnya, dan diantara mereka ada sesuatu (benih-benih cinta), tapi bila mereka ternyata satu marga, maka hal itu tidak diperbolehkan. Untuk menyikapi hal tsb tidak terjadi, maka ketika seseorang (baik laki-laki atau perempuan) berkenalan, maka haruslah memberitahukan marganya apa.

Dengan mengenal marganya, orang Batak dapat menentukan jodoh. Saran kami bagi kawula muda Batak agar memperhatikan hal ini. Fatal akibatnya bila mencintai seseorang satu marga. Sebelum hal tsb terlanjur, dalam setiap perkenalan kapan dan dimana pun, jangan lupa untuk menyebutkan marga apa.

6. Marga Juga Bisa Mendekatkan Hati Orang Yang Baru Kenal.
Bila anda bertemu dengan seseorang, kapan pun dan dimana pun, setelah anda tahu bahwa orang yang baru anda kenal adalah orang batak dan saling memberitahukan marga, maka lebih gampang untuk mendekatkan diri. Bisa saling akrab satu sama lain.

Dalam hal hubungan (lawan jenis), dalam adat batak ada istilah pariban. Pariban adalah sebutan kepada seseorang (dalam hal ini yang belum menikah yah saya kasih contoh) perempuan yang satu marga dengan ibu kandung laki-laki. Misalnya seperti ini, seorang perempuan memiliki boru Silalahi dan ada seorang laki-laki yang ibunya boru Silalahi. Hal inilah yang disebut pariban. Ketika seorang laki-laki tsb berjumpa dengan paribannya, maka mereka akan cepat akrab meski baru kenal. Dan dalam adat batak, hal ini bisa berjodoh.

7. Marga juga Berkaitan dengan Kepentingan Biologis.
Nenek moyang orang Batak mengatakan bahwa keturunan yang sama, sekalipun tidak satu rahim, akan mengakibatkan suatu hal yang buruk jika berpasangan. Dalam hal biologis, berarti bisa menimbulkan kecacatan pada keturunan selanjutnya. Oleh karena itulah, orang batak tidak diperbolehkan menikah dengan satu marga, karena masih memiliki darah (keturunan nenek moyang) yang sama.

Demikianlah turi-turian yang bisa kami sampaikan.Satu hal Identitas pribadi harus tetap dijunjung tinggi. Tanpa identitas ini, hidup kita akan sia-sia.

Itulah alasannya kenapa "Marga Adalah Identitas Pribadi Orang Batak Yang Paling Utama". Pesan kami, Jika kamu punya teman Batak, jangan lupa menanyakan apa marganya. Bila pemaparan kami ada yang kurang berkenan, mohon diberi saran atau kritikan, karena saran dan kritik bisa membangun wawasan kita mengenai Habatakon. Semoga bermanfaat. Salam. Horas. Tuhan memberkati.***


LIHAT JUGA VIDEO DI BAWAH INI
Enak dan Merdu Suara Alunan Seruling dan Gondang Batak




Sumber: Batak Network
loading...

No comments

Powered by Blogger.