Header Ads

Jokowi Dianugerahi Gelar Raja dari Pemangku Adat Komering Sumsel

WARTAGAS.COM - Presiden Joko Widodo atau Jokowi dianugerahi gelar Raja Balak Mangku Negara oleh Pemangku Adat Majelis Tinggi Komering Sumatera Selatan.

Jokowi Dianugerahi Gelar Raja dari Pemangku Adat Komering Sumsel
Presiden Jokowi dan Ibu Negara Iriana di Palembang. - Foto: Merdeka.com

Acara penganugerahan ini digelar di Griya Agung, Palembang, Sumatera Selatan, Minggu (25/11). Jokowi tampak didampingi Ibu Negara Iriana Jokowi.

Gelar Raja Balak Mangku Negara ini memiliki arti sebagai Raja Agung yang memegang kekuasan NKRI. Gubernur Sumsel, Herman Deru mengatakan pemberian gelar Raja Balak Mangku Negara kepada Jokowi sudah melalui proses dan ritual adat yang dilakukan oleh para tetua adat Komering.

"Para tetua komering Sumsel mengadakan rapat di Palembang pada Selasa lalu. Mereka bersepakat untuk membwrikan adok atau jajuluk, atau golar, Raja Balak Mangku Negara," kata Herman dalam sambutannya di acara pemberian gelar di Griya Agung, Palembang, Sumatera Selatan.

Selain Jokowi, Ibu Negara Iriana Jokowi juga dianugerahi gelar Ratu Indoman. Gelar tersebut memiliki arti sebagai pengayom rakyat.

Menurut Herman, pemberian gelar kepada Jokowi dan Iriana ini memiliki makna simbolik, untuk menghormati seseorang yang telah berjasa bagi bangsa dan negara.

"Pak Jokowi dan Ibu Iriana juga diangkat jadi keluarga kehormatan atau jadi masyarakat Komering. Adok atau jajuluk atau golar atau gelar ini memiliki makna tersendiri bagi masyarakat Komering," ucap Herman.

Ribuan warga Palembang dan sekitarnya hadir dalam acara itu. Jokowi mengenakan pakaian adat khas Sumsel lengkap dengan ikat kepala tanjak. Begitu juga dengan Iriana yang mengenakan pakaian perempuan khas provinsi itu.

Gelar diberikan oleh Pemangku Adat Majelis Tinggi Komering Sumsel, Haji Romli. Haji Romli pun menjelaskan arti gelar yang disematkan orang nomor satu di republik ini.

"Raja Balak Mangkunegara berarti Raja Agung yang memegang kekuasaan tertinggi negara Republik Indonesia. Sementara Ratu Indoman artinya ibunda yang memberikan perlindungan kepada masyarakat dan pengayom rakyat yang tak lepas dari sopan santun," terang Haji Romli.

Jokowi dan Iriana juga diberikan piagam penganugerahan gelar dan kamus bahasa adat Komering. Diketahui, Komering merupakan salah satu suku terbesar di Sumsel yang berasal dari beberapa kabupaten, yakni Kabupaten Ogan Komering Ulu, Ogan Komering Ilir, Ogan Komering Ulu Timur, Ogan Komering Ulu Selatan.

LIHAT JUGA VIDEO DI BAWAH INI



Sumber: Merdeka
loading...

No comments

Powered by Blogger.