Header Ads

Agenda Tetap untuk Festival Danau Toba (FDT) 2018

WARTAGAS.COM - Festival Danau Toba (FDT) sedang berlangsung di Silalahi, Kabupaten Dairi, Sumatera Utara. Beberapa tahun ini memang sudah menjadi kebiasaan, tuan rumahnya bergiliran dari kabupaten sekawasan. Diharapkan orang-orang bisa mengenal Danau Toba secara menyeluruh, tidak hanya Parapat dan Samosir saja.

Agenda Tetap untuk Festival Danau Toba (FDT)
Festival Danau Toba (FDT) 2018

Acara pembukaan berlangsung meriah dan pengunjung tampak ramai. Hanya perlu diperjelas, siapa yang menghadirinya? Apakah orang yang datang atas kesadaran sendiri atau karena dimobilisasi panitia? Sebab jika karena pengerahan massa, maka tujuan utama FDT tidak tercapai.

FDT diselenggarakan sebagai even tahunan yang diharapkan bisa menjadi magnet bagi turis, baik lokal, maupun mancanegara. Harusnya dan semestinya wisatawanlah yang meramaikan FDT tersebut. Itu sebabnya perlu ada evaluasi dan pengakuan jujur, berapa banyak pengunjung yang sebenarnya dalam even itu.

Sudah sejak lama ada desakan agar FDT yang dulu lebih dikenal dengan nama Pesta Danau Toba menjadi agenda tahunan tetap. Memang FDT sudah rutin setiap tahun diselenggarakan, namun jadwalnya masih berubah-ubah. Hal ini menjadi kendala bagi turis terutama yang harus menyusun jadwal karena faktor pekerjaan.

Terus terang, banyak pihak menilai penetapan jadwal FDT tidak mengakomodasi hari libur. Misalnya, awal Desember seperti ini, orang-orang masih bekerja dan sekolah masih berlangsung. Bisa dipastikan orang lokal akan kesulitan meluangkan waktu ke FDT, kecuali telah mengambil cuti sebelumnya.

Apalagi di Desember, orang-orang biasanya memilih mengatur cuti di Natal dan Tahun Baru. Sebaiknya ke depan, pengambil kebijakan menjadikan jadwal liburan sebagai pertimbangan utama FDT. Paling tidak saat ada masa-masa cuti bersama, atau hari libur yang panjang.

Harapan mungkin pada wisatawan asing. Mereka biasanya memutuskan berkunjung karena adanya promosi yang gencar. Lalu, ada sesuatu yang unik dalam FDT. Jika sama saja dengan "pasar malam" maka turis asing lebih memilih berkunjung ke destinasi wisata lainnya.

Terlalu dini menilai FDT berhasil atau kurang greget, sebab evennya masih berlangsung. Tentu saja diharapkan bisa sukses dari sebelumnya. Target pengunjung tercapai dan mereka puas dengan atraksi, amenitas serta akses yang ada.

Ayo warga Sumut dan Indonesia ramai-ramai berkunjung ke FDT. Danau Toba masih memesona dengan berbagai keunikannya. Panorama bukan satu-satunya yang menarik, ada lagi yang khas, seperti budaya, historis, kuliner, dan geologi dari terbentuknya Danau Toba. (HarianSIB)

LIHAT JUGA VIDEO DI BAWAH INI
Pulo Samosir - Perayaan Natal Ikatan Anak Perantau Kabupaten Samosir (IKAPERKASA), di Palangka Raya, Kalimantan Tengah, Kamis (6 Desember 2018)



loading...

No comments

Powered by Blogger.