Header Ads

Selamat Datang Bulan Natal Damai Sejahtera

Surat Penggembalaan Pimpinan GMI Konta Wilayah I

"Sebab seorang Anak telah lahir untuk kita, seorang Putera telah diberikan untuk kita; lambang pemerintahan ada di atas bahunya, dan namanya disebutkan orang: Penasihat Ajaib, Allah yang Perkasa, Bapa yang kekal, Raja Damai". (Yesaya 9:5) "Tetapi oleh Dia kamu berada dalam Kristus Yesus, yang oleh Allah telah menjadi hikmat bagi kita. Ia membenarkan dan menguduskan dan menebus kita". (1 Korintus 1:30)

Bishop Kristi Wilson Sinurat
Bishop Kristi Wilson Sinurat - Foto: hariansib.co


Salam Sejahtera, Salam Advent!
Kita telah memasuki bulan Desember di mana seluruhnya rangkaian ibadah oleh gereja dan umat Tuhan ditandai dengan liturgi Advent dan Natal dalam memperingati dan merayakan kedatangan Yesus Kristus Juruselamat, Raja Damai. Dengan demikian, kami menyatakan bahwa bulan Desember ini adalah Bulan Damai Sejahtera, Bulan Sukacita bagi seluruh bangsa. Untuk itu, kami Pimpinan Gereja Methodist Indonesia Konperensi Tahunan Wilayah I, Bishop Kristi Wilson Sinurat STh MPd menyampaikan Salam Advent dan Selamat Merayakan Natal tahun 2018.

Sebagaimana telah kita ketahui bahwa pada bulan Desember ini, seluruh gereja dan lembaga-lembaga Kristen serta seluruh anggota jemaat akan merayakan Natal. Kegiatan ini tentu saja kita yakini sebagai ungkapan rasa syukur telah lahirnya Yesus Kristus yang telah menebus kita dari perbudakan dosa. Sehingga dalam ibadah dan perayaan-perayaan dimaksud, kita tentu membutuhkan biaya, waktu, dan adanya pengerahan anggota jemaat dalam jumlah yang besar.

Kita juga bersyukur pada Tuhan dan terus meyakini bahwa Pemerintah Pusat oleh Presiden, Wakil Presiden beserta jajaran Kabinet Kerja, Pemerintah Daerah di Provinsi oleh Gubernur dan Wakil Gubernur, Pemerintah di Kabupaten/Kota oleh Bupati dan Wakil Bupati/Wali Kota dan Waki Wali Kota bersama seluruh jajarannya akan terus berusaha dalam mengemban panggilan pelayanan konstitusionalnya guna mewujudkan bangsa Indonesia pada kehidupan yang adil, makmur, damai sejahtera berdasarkan Pancasila dan UUD 1945. Guna mensyukuri upaya pemerintah tersebut, Gereja Methodist Indonesia tetap dan terus berdoa agar kondisi sosial ekonomi dan politik bangsa Indonesia tetap stabil, aman dan terkendali, secara khusus dalam persiapan menjelang pelaksanaan Pemilihan Umum tahun 2019.

Maka pada bulan Desember sebagai Bulan Damai Sejahtera, Bulan Sukacita dan menjelang Perayaan Tahun Baru 2019, didorong oleh panggilan iman guna mewujudkan tugas pelayanan Gereja, kami Pimpinan Gereja Methodist Indonesia menyerukan:

1. Agar kita sebagai gereja dan umat Tuhan mempersiapkan perayaan Natal bukan sebagai seremoni yang rutin setiap tahun, tetapi mempersiapkan perayaan Natal sebagai instrumen iman menyambut kedatangan Yesus sebagai Juruselamat yang lahir untuk menebus dosa umat manusia dengan mengemas liturgi, acara, khotbah, pujian dan lainnya dengan kreatifitas terkini dan inovasi secara baik dan benar untuk mewujudkan damai sejahtera bagi keluarga, gereja dan masyarakat.

2. Agar Gereja dan seluruh umat Tuhan tidak mempraktekkan nilai-nilai konsumerisme dan hedonisme di dalam seluruh rangkaian Acara Ibadah dan Perayaan-perayaan Natal dan Perayaan Tahun Baru, tidak dengan pesta pora yang justru berpotensi merusak dan menghilangkan nilai utama dari perayaan itu sendiri.

3. Agar dalam setiap perayaan Natal dan Tahun Baru, seluruh gereja dan umat Tuhan tetap menjaga ketertiban dan stabilitas sosial sehingga kita menjadi pelaku dan pelopor tertib lalu lintas, menjadi saluran damai sejahtera dan sukacita Natal dan Tahun Baru bagi masyarakat di tempat kita beribadah.

4. Agar dalam setiap perayaan Natal dan Perayaan Tahun Baru, seluruh gereja dan umat Tuhan tetap mendoakan Pemerintah Pusat dan Pemerintah di daerah agar tetap mampu mewujudkan tugas panggilan konstitusionalnya. Dengan memohon kuasa Tuhan, maka bulan Desember ini, sebagai Bulan Damai Sejahtera, Bulan Sukacita kiranya ibadah Perayaan Natal dan Perayaan Tahun Baru tidak ada lagi teror bom, tidak ada kerusuhan sosial yang mengganggu stabilitas. Dan dengan memohon kuasa Tuhan juga, maka saudara-saudara kita yang mengalami gangguan beribadah, sulitnya mendapat izin pembangunan rumah ibadah sebagaimana dialami oleh saudara kita di GMI Jambi, kiranya hal itu tidak terulang demi wibawa pemerintahan dan buah ketaatan pada Tuhan.

5. Tahun 2018 sebentar lagi kita akan akhiri, kita akan memasuki tahun 2019. Suka dan duka, kemuliaan dan penderitaan, cobaan dan kekuatan, kekuatiran dan kemenangan silih berganti kita lalui, sebagai orang percaya kita yakini itu merupakan dinamika iman yang terjadi dan dipakai Tuhan untuk mendewasakan kita. Tema Perayaan Natal Tahun 2018 kita adalah "Yesus Kristus Hikmat bagi Kita" (1 Korintus 1:30a). Pola pikir manusia terbatas, pengetahuan manusia terbatas, kekuatan manusia terbatas, kekayaan manusia terbatas, dan tidak mampu menjadi jawaban akan pergumulan manusia terlebih ketika kita akan menjalani tahun 2019 nanti. Hanya satu jawaban yang pasti dan tidak terbatas yaitu Yesus Kristus sang Hikmat itu. Mari kita miliki Hikmat itu menjadi jawaban yang pasti dan kekuatan untuk setiap perjalanan hidup kita.

6. Gereja kita pada periode kepemimpinan kami tahun 2017-2021 melaksanakan Renstra kita dengan tema Revitalisasi. Banyak hal yang perlu kita revitalisasi dalam gereja kita, berbagai sumber daya: Sumber Daya Manusia, Aset, Teologi/ajaran, Disiplin, Ibadah/Liturgi dan lainnya akan kita maksimalkan sebagai hal yang vital untuk pertumbuhan gereja kita ke depan. Kami mengimbau seluruh hamba Tuhan dan jemaat agar aktif bekerjasama mewujudkan Revitalisasi ini di dalam program kerja dan pelayanan kita.

7. Tahun 2019 juga merupakan tahun politik bagi bangsa kita di mana akan dilaksanakan pemilihan Presiden dan Wakil Presiden, Anggota DPD, DPR RI, DPRD Provinsi, DPRD Kabupaten/Kota. Sebagai warga gereja dan warga NKRI yang takut akan Tuhan, marilah kita ikut aktif dan bertanggungjawab untuk ikut serta dalam Pemilu tersebut. Dari Warga Gereja kita juga ada yang ikut menjadi calon Legislatif anggota DPR RI, DPRD Provinsi dan DPRD Kabupaten/Kota, kita dukung dan doakan mereka terpilih menjadi wakil rakyat menyampaikan aspirasi rakyat untuk kebaikan dan kemajuan bangsa ini.

Demikian surat penggembalaan ini kami sampaikan, sambil berdoa agar bangsa Indonesia tercinta dan seluruh jemaat tetap di dalam berkat Tuhan yang berkelimpahan. Maka Allah Damai Sejahtera, Gembala Agung segala domba yaitu Yesus Tuhan kita kiranya memperlengkapi kamu dengan segala yang baik, untuk melakukan kehendak-Nya dan mengerjakan dalam kita apa yang berkenan kepada-Nya oleh Yesus Kristus. Bagi Dialah kemuliaan dan hormat sampai selama-lamanya. Amin ! Selamat Advent, Selamat Merayakan Natal tahun 2018 dan selamat menyambut Tahun Baru 2019. Tuhan memberkati!

Teriring Salam dan Doa kami,

Pimpinan Gereja Methodist Indonesia

Konperensi Tahunan Wilayah I

Bishop Kristi Wilson Sinurat, STh, MPd.

LIHAT JUGA VIDEO DI BAWAH INI
Persiapan Perayaan Natal Punguan Sitohang Kota Pematangsiantar di Sopo Anugerah HKBP



Sumber: HarianSIB.Co
loading...

No comments

Powered by Blogger.