Header Ads

Anggota DPRDSU Artha Berliana Samosir Prihatin, Masih Banyak Warga Sumut Berobat ke Luar Negeri

WARTAGAS.COM (MEDAN) -Anggota DPRDSU Artha Berliana Samosir mengaku prihatin masih banyak warga Sumatera Utara (Sumut) yang memilih berobat ke luar negeri khususnya negara jiran Penang, Malaysia. Mereka memilih berobat ke Penang karena layanan yang lebih baik walau biaya pengobatan lebih mahal.

Anggota DPRDSU Artha Berliana Samosir Prihatin, Masih Banyak Warga Sumut Berobat ke Luar Negeri
Anggota DPRDSU Artha Berliana Samosir

"Saya kira pengetahuan dokter kita tidak kalah dengan dokter yang ada di luar negeri. Tetapi mengapa warga Sumut lebih memilih berobat ke luar negeri, tentu karena mereka menerapkan manajemen layanan, mengutamakan penanganan pasien sehingga pasien merasa sangat nyaman berobat. Pelayanan seperti itu yang perlu diperbaiki di rumah sakit kita di Sumut khususnya di Kota Medan ini," kata Artha Berliana Samosir kepada SIB, Selasa (15/10) di ruang kerjanya.

Memang diakuinya, selama ini sudah banyak yang diperbuat pemerintah untuk meningkatkan pelayanan kesehatan, seperti pengobatan gratis, BPJS dan lainnya, tetapi hal ini belum mampu menghalau warga bepergian berobat ke luar negeri.

"Kita heran, dimana letak kesalahannya. Padahal rumah sakit di Indonesia khusus di Sumut juga telah tersedia berbagai rumah sakit yang dapat mengobati berbagai jenis penyakit. Tetapi mengapa mereka lebih memilih berobat ke rumah sakit di luar negeri, karena itu untuk pelayanan rumah sakit ini menjadi PR kita bersama untuk terus lebih dibenahi ke depan," cetusnya.

Ia mengatakan, banyak uang masyarakat Sumut yang tinggal di luar negeri karena mereka memilih berobat di negeri jiran itu. Seharusnya Pemprov Sumut agar lebih dapat menata pelayanan rumah sakit di Sumut dengan melengkapi seluruh fasilitasi yang diperlukan.

Politisi PDI Perjuangan ini menjelaskan, layanan kesehatan bagi masyarakat oleh pemerintah sudah disediakan mulai dari tingkat Puskesmas hingga ke rumah sakit pemerintah. Bahkan layanan kesehatan untuk beberapa kategori penyakit tertentu digratiskan oleh pemerintah.

"Tapi kenapa orang tidak datang ke rumah sakit yang gratis itu, tapi justru ke luar negeri yang notabene berbiaya mahal. Saya menilai pasien itu butuh layanan yang prima, di luar negeri itu semua jujur, kita sangat mendapat layanan yang sangat baik," katanya.

Rumah sakit di Penang itu perawatnya ramah-ramah dan seluruh keluhan kita semua ditangani. Beda kalau di Sumut, kita datang ke rumah sakit kadang nunggu lama, perawat datang dengan muka yang terkesan terpaksa melayani. Itu membuat pasien tidak betah dan penyakit akan kambuh.

"Kita berharap kepada Pemprov Sumut dan instansi terkait agar bersama-sama mereformasi pelayanan rumah sakit. Sehingga jutaan uang dari Sumut per harinya tidak lagi dibawa ke luar negeri untuk berobat," pungkasnya.

LIHAT JUGA VIDEO DI BAWAH INI
Kokoro No Tomo - Mayumi Itsuwa Cover By Bob Sagar



Sumber: hariansib
loading...

No comments

Powered by Blogger.