Header Ads

Ketua DPRDSU Ajak Seluruh Anggota Dewan Bersinergi, Lepaskan Kepentingan Pribadi dan Golongan

WARTAGAS.COM (MEDAN) - Pimpinan DPRD Sumut (yang terdiri dari ketua dan 4 wakil ketua) masa jabatan 2019-2024 resmi dikukuhkan atau diambil sumpah/janjinya yang dipandu Ketua Pengadilan Tinggi Medan Setyawan Hartono SH MH dalam rapat paripurna dewan, Senin (28/10).

Ketua DPRDSU Ajak Seluruh Anggota Dewan Bersinergi, Lepaskan Kepentingan Pribadi dan Golongan
Pimpinan DPRD Prov Sumut terdiri dari Baskami Ginting (PDIP) sebagai Ketua DPRD Prov Sumut, Wakil Ketua: Ridho Yasir Lubis (Golkar), Harun Mustafa Nasution (Gerindra), Salman Al Farisi (PKS) dan Rahmansyah Sibarani (NasDem) diambil sumpah/janji oleh Ketua Pengadilan Tinggi Medan Setyawan Hartono SH MH, pada rapat paripurna pengambilan sumpah/janji pimpinan DPRD Prov Sumut masa jabatan 2019-2024, Senin (28/10) (oto: hariansib)

Mereka yang dikukuhkan masing-masing, Ketua Drs Baskami Ginting dari Fraksi PDI Perjuangan, Harun Mustafa Nasution dari FP Gerindra, Yasir Ridho Loebis dari FP Golkar, Rahmansyah Sibarani dari FP Nasdem dan Salman Al Farisi dari F-PKS (masing-masing wakil ketua).

Ketua DPRD Sumut Baskami Ginting dalam sambutannya ketika memimpin sidang paripurna mengatakan, setelah tata tertib dewan dan alat kelengkapan dewan ditetapkan, lembaga legislatif dapat segera melaksanakan program dan kegiatan secara efektif sebagaimana tertuang dalam rencana kerja DPRD Sumut tahun 2019, yang akan diawali dengan rapat Badan Musyawarah (Banmus) tentang jadwal kegiatan dewan.

"Kami berharap, agar seluruh program dan kegiatan dapat dilaksanakan dengan sebaik-baiknya, mari kita bangun komitmen bersama untuk selalu aktif dalam setiap rapat dan kegiatan lainnya," katanya. Ditambahkan, agar cita-cita bersama dapat terwujud dengan baik, seluruh anggota dewan harus saling bersinergi serta melepaskan kepentingan pribadi dan golongan.

Baskami bahkan menekankan kepada seluruh anggota dewan harus tetap mencurahkan segala tenaga dan kemampuan demi mengemban amanah rakyat Sumut. Sejalan dengan rencana membangun suatu budaya transparansi tentang seluruh kegiatan dewan yang dapat diakses oleh masyarakat.

"Pemprov Sumut dan jajarannya harus dapat bekerja sama sebagai mitra kerja untuk mewujudkan visi misi Gubernur Sumut yaitu menjadikan Sumut provinsi yang maju, aman dan bermartabat," ujar Baskami. Dia meminta agar setiap kegiatan yang dilaksanakan lembaga legislatif, hendaknya Gubernur mengutus Kepala OPD (Organisasi Perangkat Daerah) Prov Sumut menghadirinya, bukan para staf seperti selama ini.

Sementara itu, Gubernur Sumut Edy Rahmayadi dalam sambutannya mengatakan, sesuai Pasal 33 Peraturan Pemerintah (PP) No 12 Tahun 2018, tentang pedoman penyusunan tatib dewan, pimpinan dewan memiliki tugas dan wewenang yang strategis, yakni memimpin rapat DPRD dan menyimpulkan hasil rapat untuk diambil keputusan, menjalankan konsultasi dengan kepala daerah dan pimpinan lembaga vertikal lainnya.

"Menyikapi tugas dan wewenang strategis pimpinan tersebut, saya yakin partai politik yang memiliki wewenang untuk menentukan calon pimpinan telah mempertimbangkan dengan seksama terkait latar belakang, integritas dan pengalaman, sehingga pasti mampu dan cakap dalam mengemban tugas dan amanah yang diberikan," ujar Edy.

Rapat paripurna dihadiri unsur Forkopimda Sumut, Ketua DPD PDI Perjuangan Sumut Japorman Saragih, Ketua dan Sekretaris DPD Partai Gerindra Sumut Gus Irawan Pasaribu, Robert Tobing, Plt Ketua DPD Demokrat Sumut Herry Zulkarnaen Hutajulu dan lainnya.

Pengesahan AKD
Dalam rapat paripurna dewan tersebut, juga diumumkan alat-alat kelengkapan dewan (AKD), seperti komisi-komisi, Bapemperda (Badan Pembentukan Peraturan Daerah), BKD (Badan Kehormatan Dewan), Banmus (Badan Musyawarah), serta penyerahan tata tertib dewan periode 2019-2024 yang dirumuskan tim Pokja Tatib dewan kepada Ketua DPRD Sumut.

Susunan Komisi yang diumumkan yakni, Ketua Komisi A Hendro Susanto, Wakil Ketua Dra Remita Sembiring, Ketua Komisi B Viktor Silaen, Wakil Ketua Zeira Salim Ritonga, Ketua Komisi C Ajie Karim, Ketua Komisi D Anwar Sani Tarigan dan Ketua Komisi E Dimas Tri Aji, Wakil Ketua Hendra Cipta.

LIHAT JUGA VIDEO DI BAWAH INI
Keren Kali Gondang Batak Bergema di Negara Korea



Sumber: hariansib
loading...

No comments

Powered by Blogger.