Header Ads

Ketua Umum Ir Bakhtiar Situmorang : PSSAB Rohul Harus Menjadi Barometer di Indonesia

WARTAGAS.COM - Parsadaan Pomparan Oppu Tuan Situmorang Sipitu Ama Dohot Boruna, Bere & Ibeberena (PSSAB) Kabupaten Rokan Hulu (Rohul) Provinsi Riau menggelar Hari Ulang Tahun (HUT) ke-3, Jumat (7/2) di Kompleks Gereja HKBP Resort Sei Intan Lingkungan Pecandang Kelurahan Kota Lama Kecamatan Kunto Darussalam Kabupaten Rohul.

HUT PSSAB : Ketua Umum PSSAB Rokan Hulu Riau Ir Bakhtiar Situmorang didampingi istri dan para pengurus lainnya pada syukuran hari ulang tahun ke-3 PSSAB Rohul, Jumat (7/2) di Kompleks Gereja HKBP Resort Sei Intan.

Acara yang berlangsung semarak dan sukses ini mengangkat tema, “Mandok Mauliate ma Hamu tu Jahowa, Ai Pardenggan Basa do Ibana, Ai Ro di Salelenglelengna do Asi ni RohaNa” (Psalm 136 : 1) dengan subtema: Sai Lam Tapatuduhon ma, Pasu-Pasu Naung Tajalo Sian Debata Laho Pasadahon Hita, Ima Dalanta Mandok Mauliate tu Debata.

Hadir antara lain para pengurus PSSAB Cabang Kabupaten Rohul, pengurus 6 wilayah dan pengurus 26 ranting serta seribu limaratusan anggota dan undangan lainnya. Sedangkan Bupati Rohul H Sukiman yang seyogianya hadir, namun karena urusan dinas secara mendadak ke Jakarta diwakilkan kepada Camat Kunto Darussalam, sesuai informasi panitia.

Acara yang dimulai sekira pukul 10.30 WIB, diawali dengan ibadah dengan pengkotbah Pdt BJ Situmorang STh (HKBP Hang Tuah Pekanbaru), Liturgis St N Rumapea. Usai ibadah dilanjutkan dengan pemotongan kue ulang tahun yang dipandu langsung Ketua PSSAB didampingi istri boru Sihombing.

Dalam sambutannya, Ketua Umum PSSAB Rohul Ir Bakhtiar Situmorang antara lain menandaskan, pada acara ulang tahun ke-3 ini, anggota punguan patut bersyukur karena Punguan PSSAB Rohul setiap tahun terus mengalami kemajuan dan hal itu terjadi atas kerja sama yang baik dengan bahu membahu dari seluruh pengurus dan anggota. “Tujuan utama kita merayakan ulang tahun setiap tahunnya adalah untuk mempererat tali silaturahmi dan meneguhkan persatuan dan kesatuan dari seluruh anggota dan pengurus sehingga diharapkan akan tumbuh suka cita dan semangat persaudaraan,” ucapnya.

Bakhtiar mengajak anggota menghilangkan perpecahan dan terus membangun persatuan dan kesatuan di punguan PSSAB Rohul negeri seribu suluk ini. “Yang tidak kalah penting kita harus terus mendengungkan dan melestarikan Tona Ni Oppu Tuan Situmorang yang menyerukan, “Hamu Niningku Na pitu, Mulai sadarion hu pa ojak ma hamu gabe anakhu jala ahu gabe amangmu. Ingot hamu ma tonangkon : “Tong tong do hamu sada, si sada anak ma hamu sisada boru, juhut di sapa ma dilulu anak, parbue na pir ma huntion di lulu boru. Anak dohot boru muna, dang jadi masiolian. Boru muna dang jadi masitindian. Elek ma hamu marboru somba marraja ni tutur, jala manat mardongan sabutuha. Nirahut poda ni ompuna do hasadaon dohot hagogoon ni pinomparna. Bersatu kita teguh bercerai kita runtuh,” ungkapnya.

Lebih jauh dipaparkannya, jumlah anggota punguan PSSAB Rokan Hulu hingga saat ini adalah 1.250 KK yang tersebar di 6 wilayah dan 26 punguan ranting/sektor. Harapan kita semua PSSAB Rohul harus terus bersatu dan bangkit. Setiap anggota punguan ranting harus menjadi anggota di punguan PSSAB Rokan Hulu. Itu telah menjadi komitmen kita bersama. Dalam rangka memajukan punguan PSSAB Rohul, telah diprogramkan yakni melakukan rapat badan pengurus per triwulan secara rutin dengan tujuan untuk memantapkan visi dan misi punguan guna memberdayakan sumber daya manusia dan sumber daya ekonomi. Selama tahun 2019 pelayanan sosial punguan baik suka dan duka berjalan dengan baik, tandasnya.

Sebagai motor penggerak Punguan PSSAB Rohul, sudah berdiri badan usaha berupa Kopdit/CU PSSAB Sehati Cemerlang pada 13 Maret 2017 lalu. Badan usaha tersebut telah dikelola dengan baik, sesuai motto “Mari Bangkit Untuk Cemerlang” dengan tiga prinsip manajemen, yaitu profesional, transparan dan akuntabel. Jumlah anggota hingga saat ini sebanyak 350 orang dengan jumlah modal Rp 806.000.000.

Untuk tahun 2020 ini, ditargetkan jumlah anggota menjadi 700 orang dengan modal Rp 1,6 miliar. Pada 13 Maret 2020 yang akan datang akan dilaksanakan Rapat Anggota Tahunan (RAT) yang ke-3, sekaligus pembagian Sisa Hasil

Usaha/Deviden kepada anggota. Pertumbuhan anggota dan modal mencapai 100% setiap tahun dan Kopdit/CU PSSAB Sehati Cemerlang, sudah resmi menjadi anggota Puskopdit Maju Riau, dengan nomor anggota 051999.000.000.025. Kopdit/CU juga terbuka untuk umum. “Kita bertekad Punguan PSSAB Kabupaten Rohul harus menjadi barometer dan contoh di Indonesia. Oleh karenanya mari kita satukan hati dengan menyerukan sekali layar terkembang surut kita berpantang,” katanya.

Di akhir sambutannya ketua umum yang juga Staf PTPN V Riau ini menutupnya dengan dua pantun.

“Dari bona pasogit kita merantau, bertemu di Rokan Hulu, kita Pomparan Oppu Tuan Situmorang Sipitu Ama, harus bangkit bersatu untuk maju. Karena itulah yang kita mau”.

“Asa pitu do goarni ari, sampulu dua goar ni bulan, ari ni hita pomparan Op. Tuan Situmorang Sipitu Ama do gabe, asal ma hot hita marsipaolo-oloan,” pungkasnya.

Kata-kata sambutan juga disampaikan, Ketua Panitia Manaser Situmorang, Guru Huria HKBP Sei Intan St M Silaban dan Penasehat punguan PSSAB Rohul Oppu Binsar Situmorang. (M27/q)

LIHAT JUGA VIDEO DI BAWAH INI
Mangido Tuani Gondang Pesta Bona Taon PSSAB Cimahi KBB - Budaya Batak


Sumber: hariansib
loading...

No comments

Powered by Blogger.