Header Ads

Menkes: Berkat Ketahanan Kesehatan Nasional Indonesia Tak Kena Virus Corona

WARTAGAS - Menteri Kesehatan (Menkes) Terawan Agus Putranto mengatakan Indonesia telah melakukan upaya pencegahan terhadap wabah penyakit. Hal itu, kata dia, melalui program Ketahanan Kesehatan Nasional yang dicanangkan sesuai standar WHO.

Menkes: Berkat Ketahanan Kesehatan Nasional Indonesia Tak Kena Virus Corona
Menkes Terawan dalam kuliah tamu bertajuk Ketahanan Kesehatan Nasional di Universitas Brawijaya. (Foto: M Aminudin/detikcom)

"Kesehatan adalah hal penting dan milik semuanya. Ketahanan Kesehatan Nasional sudah muncul pada 2017 dan telah disimulasikan sejak lama," ungkap Terawan dalam kuliah tamu bertajuk Ketahanan Kesehatan Nasional di Universitas Brawijaya Jalan Veteran, Kota Malang, Jumat (28/2/2020).

Terawan mengatakan, peran Ketahanan Kesehatan Nasional itu pun kini sudah dapat dirasakan ketika wabah virus corona meraja lela. Menurut dia, program tersebut menjadi salah satu penyebab warga Indonesia tak terpapar virus corona.

"Kita tidak kena sendiri (Covid 19), ini berkat kuasa Tuhan Yang Maha Esa dan kita telah melakukan The Joint External Evaluation (JEE) Tool dengan bekerjasama dengan WHO," tuturnya.

Beberapa ahli dari WHO, kata Terawan, juga didatangkan untuk menilai kesiapan Indonesia dalam menghadapi wabah penyakit endemik. Hasilnya, Indonesia dinyatakan siap untuk melakukan pencegahan.

"Hasilnya pada 2019, WHO menyatakan Indonesia sudah bisa menghadapi penyakit endemik termasuk dalam melakukan pencegahan. Meski perlu dilakukan penguatan-penguatan dan yang kita lakukan telah sesuai dengan tata cara WHO," ujar Terawan.

Sementara untuk mencegah masuknya virus corona, Terawan mengatakan pemerintah terus memaksimalkan pengawasan di seluruh akses masuk ke negara Indonesia. Seperti diketahui, Indonesia memiliki akses masuk terbesar di dunia yakni sebanyak 132 pintu masuk baik darat, udara dan laut.

Selain itu, kata Terawan, menggalang masyarakat agar hidup sehat melalui rajin cuci tangan, meningkatkan imunitas tubuh serta mengonsumsi makanan dan istirahat yang cukup juga menjadi cara untuk mengantisipasi penyebaran virus mematikan itu.

"Disitulah pencegahan dikuatkan, detil pencegahan tetap sama terhadap masuknya covid-19 dengan mengamankan 132 pintu masuk darat, laut, udara. KKP kami siaga terus dan kedua galangkan masyarakat hidup sehat utk meningkatkan imunitas tubuhnya, cuci tangan, olahraga, makanan dan istirahat yang cukup," pungkasnya. (detikcom)
loading...

No comments

Powered by Blogger.