Header Ads

Ampuni 10.000 Tahanan untuk Cegah Penyebaran Virus Corona, Juru Bicara Pengadilan Iran: Tidak Perlu Kembali ke Penjara

WARTAGAS - Sebanyak 85.000 tahanan di penjara Iran dibebaskan sementara termasuk tahanan politik untuk menekan penyebaran virus corona atau COVID-19.

Ampuni 10.000 Tahanan untuk Cegah Penyebaran Virus Corona, Juru Bicara Pengadilan Iran: Tidak Perlu Kembali ke Penjara
Pemimpin Agung Iran Ayatollah Ali Khamenei menghadiri pertemuan umum menjelang peringatan ke-41 revolusi Islam, di Teheran, Iran, Rabu (5/2/2020).* (Foto: REUTERS / pikiran-rakyat.com)

Namun, setidaknya ada 10.000 tahanan, termasuk tahanan politik, yang akan diampuni kejahatannya oleh Pimpinan Agung Iran Ayatollah Ali Khamenei guna menghormati tahun baru Iran.

"Mereka yang telah diampuni tidak akan kembali kepenjara, hampir setengah dari tahanan dari keamanan pun akan di ampuni," ujar juru bicara pengadilan Gholamhossein Esmaili sebagaimana dikutip dari Reuters.

"Sebagian besar tahanan yang telah dibebaskan sementara tidak perlu kembali ke penjara setelah mendapatkan ampunan dari Presiden," ujar Esmaili.

Esmaili tidak mengatakan apakah pekerja bantuan Inggris-Iran Nazanin Zaghari-Ratcliffe akan termasuk pada pengampunan ini.

Iran mengaku memiliki 189.500 orang di penjara, hal ini termasuk ratusan orang yang pernah ditangkap saat protes anti pemerintah pada bulan November lalu.

Tercatat Iran memiliki 17.361 kasus positif virus corona, hal ini menjadikan negara tersebut sebagai negara terbesar kedua yang memiliki kasus ini di luar Tiongkok.

Akibatnya sebanyak 1.135 orang di Iran dinyatakan meninggal dan sebanyak 5.389 orang di Iran dinyatakan sembuh dan dapat dipulangkan dari rumah sakit.

Dikutip dari peta COVID-19 yang dibuat oleh Universitas John Hopkins CSSE.

Saat ini virus corona telah menginfeksi 214.894 orang di dunia dan 227 orang di Indonesia.

Virus ini pun memakan korban jiwa di mana sebanyak 8.732 orang di dunia dinyatakan meninggal dan 19 orang di Indonesia meninggal.

Namun sebanyak 83.313 orang di dunia dapat disembuhkan dan 11 orang di Indonesia sembuh serta dapat dipulangkan dari rumah sakit.***

LIHAT JUGA VIDEO DI BAWAH INI
Lagu Batak O TANO BATAK Cover by OSCAR SITUMORANG




Sumber: pikiran-rakyat
loading...

No comments

Powered by Blogger.